Ini Dia 5 Langkah Menanam Kacang Panjang Agar Hasilnya Optimal

Yuk, menanam kacang panjang sebagai usaha kamu dirumah. Pada artikel berikut ini, PTD akan membagikan 5 langkah penanamannya.

Siapa yang tak kenal kacang panjang? pasalnya hampir semua orang mengenali jenis sayuran yang satu ini, khususnya masyarakat Indonesia.

Kacang panjang merupakan sayuran yang sering dijadikan sebagai lalapan maupun bahan makanan nikmat. Hal itu membuat banyak orang ingin menanam kacang panjang.

Kacang panjang memiliki nutrisi yang sangat baik bagi tubuh, terutama pada kandungan protein didalamnya.

Budidaya kacang panjang sendiri sudah dilakukan oleh petani di Indonesia. Karena budidaya kacang panjang bisa dijadikan sebagai lahan usaha untuk meraih keuntungan.

5 Langkah Menanam Kacang Panjang

Menanam kacang panjang merupakan hal yang menyenangkan dan tidak begitu sulit. Jika Anda tertarik untuk membudidayakannya, ikuti 5 langkah menanam kacang panjang mudah berikut ini:

Baca Juga: 4 Langkah Mudah Menanam Kecambah dengan Kapas

Menyiapkan Lahan Tanam

Langkah pertama sebelum melakukan penanaman kacang panjang ialah menyiapkan lahan tanam yang sesuai dengan kriteria tanaman. Gemburkan lahan tanah menggunakan cangkul atau traktor setelah itu, buatlah saluran calon bedengan.

Namun, bila Anda sudah memiliki lahan bekas penanaman cabe, melon ataupun terong, Anda tidak perlu menggemburkan tanahnya kembali. Bahkan, Anda bisa segera menanamnya di bekas lubang tanaman tersebut tanpa harus membuka plastik mulsa.

Cara-Menanam-Kacang-Panjang
kiosorganik.id

Pemberian Pupuk Dasar

Berilah pupuk dasar pada lahan tanam untuk menambah nutrisi pada tanah. Pupuk yang bisa digunakan berupa pupuk dari kotoran hewan, seperti kotoran ayam.

Tambahkan pupuk kotoran tersebut dengan campuran pupuk Phonska, insektisida tabur dan calsium bubuk. Hal tersebut ditujukan untuk menghindari serangan hama uret yang berada pada tanah bedengan.

Kemudian, tutup kembali tanah tersebut dan membentuk bedengan seperti semula. Agar pertumbuhan gulma berkurang, gunakan plastik mulsa untuk menutup bedengan

Proses Tanam Benih

Setelah membuat bedengan, buatlah lubang tanam untuk menanam bibit kacang panjang dengan kedalaman 5 cm. Anda bisa membeli bibit kacang panjang hibrida unggulan secara langsung di toko pertanian.

Benih kacang panjang tidak perlu disemai, tetapi Anda perlu merendamnya dalam campuran air 1 liter dengan 10 tetes pupuk zpt auxin selama kurang lebih 6 jam.

Setelah benih direndam Anda bisa langsung menanamnya lubang tanam yang sudah disediakan, lalu tutup kembali dengan tanah. Proses tanam benih hingga penumbuhan membutuhkan waktu selama 2-4 hari saja.

Baca Juga: 5 Tahapan Budidaya Selada Romaine Organik

Perawatan Tanaman

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, Anda perlu melakukan perawatan tanaman sejak benih tumbuh. Adapun perawatan yang dilakukan seperti pemasangan ajir, memberi pupuk susulan, penyiangan, serta penanggulangan hama.

Pemasangan ajir dilakukan ketika benih sudah tumbuh. Fungsi ajir tersebut untuk perambatan kacang panjang, agar buahnya menggantung dengan baik. Anda bisa membuat ajir menggunakan bambu atau kayu dengan tinggi minimal 180 cm.

Pemupukan susulan diberikan ketika penumbuhan bibit tanaman. Jika Anda menanam kacang panjang pada saat hujan, maka perlu mengurangi penggunaan pupuk yang memiliki kadar nitrogen tinggi.

Namun, jika Anda menanam saat kemarau maka gunakan pupuk kocor NPK 16, 16, 16. Penyiangan rumput sangat penting untuk dilakukan agar rumput tidak tumbuh subur di sekitar tanaman.

Karena hal tersebut akan mengganggu pertumbuhan tanaman. Penanggulangan hama ketika menanam kacang panjang sangat penting dilakukan agar hama tidak menyerang tanaman.

Hama yang biasa ada pada tanaman, diantaranya seperti kutu kebul, ulat, lalat bibit, ulat tanah, aphids. Anda bisa menggunakan penyemprotan insektisida pada sore hari.

kacang panjang
bacoberita.blogspot.com

Pemanenan Kacang Panjang

Anda bisa melakukan masa pemanenan kacang panjang memasuki usia 50-60 hari. Pemanenan dapat dilakukan setiap hari, karena tanaman ini cukup produktif.


Itulah 5 langkah menanam kacang panjang dengan mudah dan hasilnya optimal. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: 4 Langkah Mudah Menanam Sayur Secara Hidroponik

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • http://ilmubudidaya.com/cara-menanam-kacang-panjang-agar-hasilnya-optimal

Sumber gambar utama: pixabay.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.