buah srikaya

Anda pasti sudah tidak asing dengan buah srikaya bukan? Ya, srikaya merupakan buah eksotis yang mulai banyak dibudidayakan di berbagai negara termasuk Indonesia. Selain memiliki buah yang sangat bermanfaat dan menyehatkan. Manfaat daun srikaya juga tak kalah unggul dibandingkan dengan buahnya.

Kandungan Daun Srikaya

Ternyata tidak hanya bagian buahnya saja yang memberikan manfaat, daun srikaya juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati ragam jenis penyakit. Menurut hasil penelitian, daun srikaya memiliki kadungan senyawa alkaloid yang berguna sebagai anti mikroba dan juga anti diare.

gambar srikaya

Selain itu, daun srikaya juga memiliki senyawa ketones yang berguna untuk mengubah lemak di dalam tubuh menjadi energi. Pengobatan dengan menggunakan daun srikaya sendiri sangat mudah dilakukan karena bisa dilakukan di rumah.

Penggunaan Daun Srikaya untuk Obat

Berbeda jenis penyakit, maka berbeda pula cara pemakaian daun srikaya untuk obat. Sebagai tambahan informasi, ini dia ulasan terkait cara penggunaan daun srikaya sebagai obat.

1. Kudis

Kudis merupakan salah satu peenyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Untuk mengatasinya, gunakan 15 lembar daun srikaya yang sudah dicuci bersih. Tumbuk atau haluskan daun srikaya yang sudah dicuci dengan menggunakan blender.

Baca juga: Ragam Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan dan Efek Sampingnya

Setelah halus, remas-remas daun srikaya sembari ditambahkan dengan satu sendok teh air kapur sirih. Gosokkan ramuan tadi pada bagian kulit yang mengalami kudis secara rutin sebanyak 2 kali sehari.

2. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Untuk mengobati penyakit bisul, ambil dan cuci daun srikaya segar dibawah air mengalir. Setelah bersih tumbuk daun hingga halus dan tambahkan minyak kelapa. Setelah berbentuk adonan, tempelkan halusan daun srikaya tadi ke bagian perut yang bermasalah.

3. Mengatasi Cacingan

Untuk mengobati penyakit cacingan, gunakan 15 lembar daun srikaya yang sudah dicuci bersih terlebih dahulu. Rebus daun srikaya tadi dengan 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas. Dinginkan air rebusan, saring, dan kemudian minum air rebusan secara rutin 3 kali sehari.

Baca juga: Panduan Cara Budidaya Srikaya Dengan Mudah

4. Mengobati Bisul

Untuk mengatasi penyakit bisul, ambil beberapa lembar daun srikaya lalu cuci di bawah air mengalir. Haluskan daun yang sudah dicuci menggunakan blender atau ditumbuk halus. Tambahkan halusan daun srikaya dengan garam lalu tempelkan pada bagian kulit yang terkena bisul. Ganti obat ini sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

5. Membasmi Kutu pada Anjing

Serangan kutu pada anjing memang membuat mereka menjadi tidak nyaman dan sering merasa gatal. Untuk mengatasinya, haluskan biji dan juga daun srikaya. Setelah halus, rebus daun dan biji tadi dengan air secukupnya. Mandikan anjing yang terserang kutu dengan air rebusan daun srikaya secara rutin hingga kutu hilang.

6. Menenangkan Penderita Pisteris (Pingsan Tiba-Tiba)

Untuk menenangkan penderita pisteris, cuci daun srikaya segar dan tumbuk hingga halus. Agar baunya terhirup, dekatkan halusan daun srikaya tadi ke hidung penderita.

Baca juga: Manfaat Daun Sambiloto dan Cara Mengolahnya Menjadi Obat

Efek Samping Daun Srikaya

Srikaya termasuk kedalam jenis buah yang mengandung annonacin. Annonacin sendiri merupakan jenis racun yang dapat memicu resiko gangguan syaraf pada otak. Jika obat herbal ini digunakan dalam jangka waktu yang panjang, maka dapat memicu resiko tremor otot, gangguan fungsi alat gerak hingga memicu gejala penyakit Parkinson.

Oleh karena itu walaupun memberikan berbagai manfaat daun srikaya bisa digunakan untuk mengobati beragam jenis penyakit, penggunaanya tetap harus dibawah pengawasan pakar herbalis sehingga berbagai resiko serta efek samping berbahaya bisa dihindari.

Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba!

Baca juga: Tips Mendapat Manfaat Teh Hijau Yang Baik Dan Benar

Sumber:

https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-daun-srikaya-untuk-kesehatan-Anda-dan-keluarga/amp

https://www.jitunews.com/read/8784/efek-jitu-daun-srikaya-untuk-pengobatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.