vitamin C

Mau tau informasi mengenai asupan vitamin C per hari nya? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasnanya!

Vitamin C Untuk Tubuh

Asupan Vitamin C

vitamin C
pxhere.com

Baca juga: Fakta Konsumsi Telur Rebus Untuk Melawan Covid-19

Vitamin C berfungsi untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu produksi kolagen dan penyembuhan luka,

Dan bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan radikal bebas. Hal ini karena Vitamin C adalah nutrisi yang larut dalam air dengan banyak fungsi vital dalam tubuh.

Beberapa penelitian membuktikan konsumsi vitamin C secara rutin terbukti meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin C berperan sebagai antioksidan dan membantu fungsi berbagai enzim dalam tubuh.

Manfaat vitamin C juga diperlukan untuk membantu melindungi sel-sel tubuh melawan beberapa jenis virus. Terkait dengan virus Corona COVID-19

Yang kini sudah merebak di wilayah Indonesia, menjaga daya tahan tubuh menjadi salah satu langkah pencegahan agar tidak tertular.

Menurut dr Helmin, tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin C dan tidak dapat menyimpan vitamin C, sehingga harus didapatkan dari asupan makanan atau suplemen setiap hari.

Anjuran Asupan Vitamin C Per Hari

vitamin C
pixhere.com

Baca juga: Perbanyak Asupan Protein Untuk Kuat Hadapi Corona

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG), pada anak di bawah usia 9 tahun, membutuhkan asupan vitamin C sebanyak 40-50 mg.

Sedangkan remaja usia di atas 12 tahun memerlukan vitamin C paling tidak 50-90 mg per hari. Sementara bagi orang dewasa di atas 18 tahun.

Kebutuhan vitamin C harian bisa mencapai 75-90 mg setiap hari. Ibu hamil dan menyusui akan membutuhkan lebih banyak vitamin C dengan dosis tambahan mencapai 85-120 mg per hari.

Asupan vitamin C sebaiknya tidak berlebihan karena dosis yang berlebihan hanya akan sia-sia masuk ke tubuh dan akan dibuang melalui urine bahkan bisa mengganggu fungsi tubuh.

Menurut dr Helmin, jika asupan vitamin C terlalu berlebihan, dalam jangka panjang dapat menyebabkan gangguan pada ginjal seperti batu ginjal terutama jika tidak diikuti dengan minum air putih yang banyak.

Biasanya, sumber vitamin C terbaik adalah buah dan sayuran. Namun jika Anda tak dapat memenuhi asupan vitamin C dari makanan tersebut, bantu dengan tambahan suplemen.

Salah satu tablet hisap vitamin C yang berfungsi untuk membantu memenuhi kekurangan vitamin C dalam tubuh yang bisa dipilih yaitu XonCe.

Mengonsumsi XonCe dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin C harian. Tubuh akan lebih kebal terhadap berbagai penyakit yang menyerang.


Itulah informasi megenai asupan vitamin C per hari untuk tubuh. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Vitamin C dan E Menjaga Imunitas Tubuh Untuk Lawan Covid-19

Sumber: Detikhealty.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.