batuk

Mau tau informasi mengenai makanan yang menyebabkan batuk? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasinya. Simak ulasannya!

Makanan Pemicu Batuk

Kenali Batuk Virus Corona

batuk
jatimnet.com

Baca juga: Ketahui 7 Makanan Melawan Covid-19 Untuk Lansia

Semenjak adanya virus corona yang menyerang kekebalan tubuh seseorang yang ditandai dengan batuk, flu dan demam

Membuat beberapa orang menjadi sangat cemas karena gejala infeksi virus corona sangat mirip dengan penyakit sehari-hari.

Demam menjadi gejala paling umum dari Covid-19, namun juga mengalami batuk, khususnya batuk kering yang tidak berdahak.

Batuk ini biasanya ditandai dengan tenggorokan yang gatal sedangkan batuk berdahak menghasilkan lendir dan bisa terasa seperti berderak di dada.

Batuk kering tidak selalu berarti kita mengidap infeksi virus corona karena batuk kering bisa terjadi karena ratusan alasan berbeda.

Bagi kalian yang mengalami batuk tidak disertai dengan demam sebaiknya mengenal makanan yang menjadi pemicu terjadinya batuk. Sehingga tidak harus merasa panik atau cemas agar daya tahan tubuh tetpa terjaga.

Saat batuk, kadang beberapa orang masih tetap mengonsumsi makanan dan minuman yang diinginkan karena menganggap batuk adalah penyakit sepele.

Padahal, jika sembarangan mengonsumsi makanan dan minuman malah bisa memperparah atau bahkan batuk yang berkepanjangan.

Makanan yang Menyebabkan Batuk

batuk
jawapost.com

Baca juga: Pola Makan Sehat Kunci Lawan Kecemasan Corona

Dilansir dari dari laman Times of India, saat batuk perlu menghindari beragam makanan dan minuman di antaranya adalah makanan yang bersuhu ekstrem, digoreng, gula, produk dari susu, hingga kafein.

Sebab semuanya itu bisa membuat batuk berkepanjangan.

Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr Helmin Agustina Silalahi mengatakan makanan dan minuman yang ekstrem dapat merangsang reseptor batuk dalam saluran napas, dan terjadi batuk.

Selain itu, makan digoreng juga dapat memperparah batuk, terutama jika minyak untuk menggoreng sudah digunakan berulang kali.

Asupan gula perlu dihindari karena dapat menurunkan reaktivitas dari sel darah sehingga daya tahan tubuh bisa berkurang. Sementara kafein, dapat menyebabkan pengeluaran cairan dalam tubuh meningkat.

Selain dari makanan dan minuman, menurut dr Helmin, udara terlalu ekstrim baik panas atau dingin juga bisa menyebabkan iritasi tenggorokan dan merangsang batuk.

dr Helmin menyarankan untuk memperhatikan asupan makanan dan minuman yang mengandung banyak vitamin dan antioksidan

Untuk membunuh kuman dan meningkatkan daya tahan tubuh seperti mengkonsumsi buah, sayur dan rempah. Namun jika batuk sudah terlanjur melanda>

Atasi segera dengan obat batuk tapi pastikan kenali dulu jenis batuknya agar obat yang dipilih cocok dengan gejala yang muncul. Jika obatnya tepat, batuk pun bisa mereda lebih cepat.


Itulah informasi mengenai makanan sebagai pemicu batul berkepanjangan. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Fakta Konsumsi Telur Rebus Untuk Melawan Covid-19

Sumber: Detikhealty.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.