makanan sehat

Mau tau informasi mengenai makanan lansia untuk melawan corona? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasinya. Simak ulasannya!

Ketahanan Tubuh Lansia

makanan sehat
hallosehat.com

Baca juga: Ketahui Berapa Asupan Vitamin C Per Hari

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat, ada dua kelompok yang sangat rentan terhadap serangan virus corona terbaru, SARS-CoV-2.

Pertama, mereka yang memiliki penyakit kronis, seperti jantung, diabetes, dan paru-paru. Kedua, mereka yang masuk dalam kategori lansia.

Jal ini dikarenakan, lansia di sini sangat berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh. Singkatnya, semakin usia bertambah tua, sistem kekebalan tubuh pun semakin tergerus.

sistem imun seseorang, bahkan bisa saja menurun lebih cepat dari semestinya. Tentunya hal ini disebabkan oleh pelbagai faktor.

Ketika seseorang berada di usia 40 tahun ke atas, sistem kekebalan tubuh yang menua semakin tak mampu untuk menangkal penyakit.

Sistem kekebalan tubuh ini hanya mampu bertahan dari penyakit yang sudah menyerang. Contohnya, penelitian dari Austria menemukan bahwa efektivitas anti-tetanus akan menurun sejak usia 40 tahun.

Di usia 60 tahun pun, 16 persen dari mereka yang divaksinasi, tak lagi terlindungi. Kata ahli dari Imperial College, London, Inggris, setelah usia mencapai 65 tahun.

seseorang tidak mempunyai berbagai jenis sel yang dibutuhkan untuk melawan infeksi baru, sebab kualitas sel yang dimilikinya telah menurun.

sel di sini contohnya naive T-Cell (kelompok sel kekebalan). Biasanya, sel ini akan berkeliling dan memberi peringatan ketika mereka menemukan infeksi. Namun, ketika sel telah menua, sel yang akan terbentuk semakin sedikit. Kok bisa?

Nah, hal ini disebabkan karena kelenjar kecil di belakang tulang dada (thymus) tempat mereka berkembang, telah menyusut.

Inilah yang membuat  berkurangnya sistem ketahanan tubuh. Singkatnya, sistem imun jadi enggak efisien, terutama menghadapi virus baru seperti virus corona yang tengah mewabah.

Makanan Lansia Melawan Covid-19

Berikut 7 rekomendasi makanan yang baik untuk dikonsumsi seseorang di atas umur 40 tahun.

Salmon

Salmon memiliki protein tanpa lemak. Kaya akan asam lemak omega-3, yang dapat mengurangi penyakit jantung, memperbaiki suasana hati, memperlambat penurunan mental, dan meringankan beberapa gejala menopause.

Asam lemak omega-3 merupakan salah satu asam lemak yang diketahui dapat menekan inflamasi dan menjaga sistem imun tetap terjaga.

Walau belum diketahui apakah omega-3 bisa membantu melawan infeksi, penelitian mengungkapkan bahwa omega-3 bisa membantu melindungi tubuh dari ganggungan imun

Seperti penyakit Crohn’s, ulcerative colitis, dan rheumatoid arthritis. Ikan berlemak seperti makarel, tuna, salmon, sarden, biji flax, dan kacang walnut merupakan sejumlah makanan yang bisa jadi sumber omega-3 terbaik.

Alpukat

Alpukat banyak mengandung sumber lemak sehat. Kemudian dapat mengurangi kolesterol. Alpukat adalah makanan yang wajib dikonsumsi jika usia sudah mencapai 50 tahun.

Sebab di dalamnya mengandung lemak baik yang menyehatkan jantung. Alpukat bisa dimakan langsung, diolah menjadi jus, campuran salad, sampai olesan roti sebagai pengganti selai.

Kacang

Ada studi yang menyebutkan, makan kacang dapat mengurangi penyakit jantung hingga 37 persen lebih rendah dari orang yang jarang memakannya.

Seperti vitamin C, vitamin E juga merupakan salah satu antioksidan yang kuat. Penelitian mengungkapkan bahwa menjaga kadar vitamin E dapat memperkuat kekebalan tubuh, terutama pada lansia.

Vitamin E bisa didapatkan melalui makanan-makanan seperti kacang almond, biji bunga matahari atau kuaci, kacang hazel, dan selai kacang tanah.

Selain itu, zinc merupakan mineral yang penting dalam pembentukan sel-sel imun. National Institute of Health (NIH) memperingatkan bahwa kadar zinc yang rendah bisa merusak fungsi kekebalan tubuh.

Makanan-makanan yang mengandung zinc untuk mencukupi kebutuhanmu, antara lain kerang tiram, kacang panggang, kacang mede, dan kismis.

makanan sehat
pxhere.com

Baca juga: Perbanyak Asupan Protein Untuk Kuat Hadapi Corona

Brokoli

Vitamin C merupakan nutrisi penting bagi tubuh yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan membantu melawan radikal bebas yang bisa merusak sistem imun.

Sudah banyak bukti yang menunjukkan bahwa vitamin C bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh terutama yang sedang stres berat.

Untuk menambah asupan vitamin C, konsumsi makanan seperti buah-buahan sitrus (jeruk atau lemon), buah kiwi, paprika merah dan hijau, brokoli, dan stroberi.

Dark Chocolate

Dark coklat memiliki banyak antioksidan dibanding teh hijau atau anggur merah yang baik untuk diet yang sehat bagi jantung.

Dark chocolateadalah superfood yang sangat baik untuk kesehatan lansia. Coklat hitam mengandung antioksidan, serat larut, dan mineral yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.

Telur

Seperti yang diketahui bahwa telur merupakan makanan yang mengandung protein. Sangat baik jika dikonsumsi oleh lansia karena bisa mempertahankan kekuatan otot.

Telur banyak mengandung vitamin B12 yang membantu sel darah agar tetap sehat. Selain itu telur juga mengandung selenium, vitamin D, B6, A, E dan K. Telur juga merupakan sumber protein.

Bayam

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bayam memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Bahkan anak-anak pun dianjurkan untuk makan bayam.

Bayam menjadi sayuran yang sebaiknya dianjurkan untuk dikonsumsi oleh lansia karena kandungannya seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin K, dan vitamin E.

Bayam juga kaya akan kandungan mineral utama seperti magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, potasium, dan sodium. Bahkan anak-anak pun dianjurkan untuk makan bayam.


Itulah berbagai macam makanan khusus lansia untuk melawan virus corona. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Pola Makan Sehat Kunci Lawan Kecemasan Corona

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Sumber:

  • Detik.com
  • Kumparan.com
  • https://brilicious.brilio.net/kuliner-kesehatan/13-makanan-ini-cocok-dikonsumsi-lansia-bantu-penuhi-gizi-1907244.html
  • https://www.suara.com/health/2020/03/02/180746/tangkal-corona-covid-19-yuk-konsumsi-5-jenis-makanan-ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.