imun

Mau tau informasi mengenai makanan untuk menjaga imun tubuh ? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasinya. Simak ulasannya!

Cegah Infeksi Virus

imun
elshinta.com

Baca juga: Pola Makan Sehat Kunci Lawan Kecemasan Corona

Di tengah maraknya Covid-19, sangat penting sekali untuk menjaga daya tahan tubuh. Pasalnya, daya tahan tubuh berfungsi melindungi diri dari infeksi bakteri dan virus.

Hal ini sangat penting untuk dilakukan, walaupun saat ini sebagian masyarakat Indonesia sedang mengisolasi dirumah masing-masing.

Tetap saja menjaga ketahanan tubuh harus dilakukan agar ketika berpergian keluar rumah untuk kegiatan yang penting tetap selalu aman dan tidak mudah terinfeksi virus corona.

Untuk mendapatkan ketahanan tubuh yang kuat bisa dengan melakukan pola makanan yang sehat, olahraga teratur serta istirahat yang cukup.

Sistem imunitas atau daya tahan tubuh memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan. Imunitas tubuh harus dijaga dengan baik agar tidak mudah terserang penyakit.

Daya tahan tubuh atau sistem imun yang baik dapat melindungi kita sejak pertama kali kuman penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh.

Oleh karena itu, memiliki daya tahan tubuh yang kuat sangat penting untuk mencegah kita jatuh sakit, terutama di masa mewabahnya virus Corona seperti sekarang.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Termasuk menerapkan pola hidup sehat, menghindari stres, hingga mengonsumsi suplemen agar sistem kekebalan tubuh tetap prima.

Vitamin dan Mineral Cegah Virus

Salah satu cara untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yaitu dengan mengonsumsi vitamin dan mineral. Dilansir dari Copeman Healthcare, berikut jenis vitamin serta mineral yang bisa tingkatkan daya tahan tubuh.

imun
kompas.com

Baca juga: Ketahui Berapa Asupan Vitamin C Per Hari

Vitamin A, C dan E

Ketiga jenis vitamin ini bisa membantu menjaga lapisan saluran pernapasan dan juga pencernaan sebagai pencegah infeksi.

Vitamin A, C, dan E bisa didapatkan dalam buah dan sayuran berwarna merah, oranye, ungu, dan kuning seperti jeruk, wortel, dan stroberi.

Vitamin D

Vitamin D umumnya bisa didapatkan dengan mengonsumsi susu.

Di dalam tubuh, vitamin D akan bekerja dengan sel darah putih dimana merupakan komponen penting sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

Probiotik

Seperti yang diketahui probiotik dipercaya mampu menjaga kesehatan usus.

Dengan terjaganya lapisan usus, maka sistem kekebalan tubuh juga ikut meningkat. Probiotik biasanya terkandung dalam yogurt atau minuman probiotik lainnya.

Selenium

Selenium berfungsi sebagai antioksidan yang mampu melawan infeksi virus dan bakteri serta dapat melindungi tubuh terhadap radikal bebas yang dapat merusak tubuh.

Selenium biasanya terkandung dalam kacang-kacangan, tuna, daging, dan biji-bijian.

Selain dengan mengonsumsi makanan sehat, pastikan juga kebutuhan vitamin dan mineral tubuh terpenuhi dengan asupan suplemen kesehatan.

Selain menerapkan pola hidup sehat, sebagian orang memilih untuk mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Konsumsi suplemen mungkin dapat menjadi pilihan untuk melengkapi pola makan yang kurang bernutrisi.

Jika mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen peningkat imunitas tubuh, perhatikan kandungan yang terdapat pada suplemen tersebut.


Itulah informasi mengenai mengonsumsi makanan untuk menjaga imun terhindar dari virus. Semoga informasi yang diberikan dapat bermnafaat ya sobat PTD!

Baca juga: Ketahui 7 Makanan Melawan Covid-19 Untuk Lansia

Sumber: Detikhealty.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.