Ketahui Keuntungan Dari Penggunaan Sabut Kelapa

Berikut informasi dari Pak Tani Digital mengenai keuntungan dari penggunaan sabut kelapa yang harus diketahui.

Sabut Kelapa

Pohon kelapa memang dikenal sebagai pohon multifungsi. Bagaimana tidak? Hampir seluruh bagian pohon kelapa mulai dari daun, batang, hingg akar bisa dimanfaatkan dan berguna bagi manusia.

Bahkan manfaat sabut kelapa yang lebih dikenal sebagai limbah juga tak kalah besar. Hingga saat ini sabut kelapa masih banyak dibuang dan beluk banyak dimanfaatkan.

Padahal jika dilakukan pengolahan lebih lanjut, sabut kelapa dapat dirubah menjadi berbagai barang yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, pertanian, hingga industri.

Pemanfaatan sabut kelapa tentu bisa menghasilkan keuntungan yang besar jika dikelola dengan benar.

Selain itu pemanfaatan sabut kelapa menjadi beragam produk dan olahan juga dapat membantu mengurangi pencemaran lingkungan. Lalu apa saja manfaat sabut kelapa yanag bisa didapatkan?

Baca juga: Ditengah Pandemi Sumut Tetap Ekspor Kelapa Parut ke China

Bidang Rumah Tangga

Sabut kelapa memiliki tektur serat-serat yang kasar. Jika diolah lebih lanjut, serat-serat sabut kelapa ini ternyata bisa diolah dan dimanfaatkan menjadi bahan dasar beragam produk perabotan rumah tangga. Berbagai jenis perabotan yang bisa dibuat dengan bahan dasar sabut kelapa antara lain:

  1. Sikat
  2. Keset atau alas kaki
  3. Sapu lantai
  4. Bahan dasar pembuatan tali tambang
  5. Penetralisir bau semen
  6. Bahan bakar pengganti kayu untuk kebutuhan memasak.
  7. Salah satu komponen pembuatan alat penyaring air sederhana

Bidang Pertanian

Sabut kelapa memiliki beragam kandungan yang sangat bermanfaat bagi dunia pertanian antara lain kalium (K), calsium (Ca), phosphor (P), Natrium (Na) dan juga magnesium (Mg).

Namun dari berbagai kandungan unsur hara yang dimiliki, kalium (K) merupakan unsur hara tertinggi yang dimiliki oleh sabut kelapa.

Unsur kalium yang terdapat pada sabut kelapa sangat tinggi dan mencapai 10,25% dan bisa digunakan sebagai sumber alternatik pupuk kalium organik.

Selain itu sabut kelapa juga memiliki kemampuan penyimpanan air yang sangat baik dan dapat menyimpan air hingga 6 kali lipat.

antara.com

Baca juga: Dosis Pupuk Kelapa Sawit yang Perlu Diketahui oleh Petani

Beberapa jenis pemanfaatan sabut kelapa di dunia pertanian antara lain:

  1. Bahan pupuk organik cair
  2. Bahan pupuk organik padat
  3. Media tanam hidroponik (cocopeat)
  4. Penetral pH tanah
  5. Sumber hara kalium dalam bentuk organik.

Media tanam yang bersal dari sabut kelapa memiliki beberapa keunggulan karena mampu menyimpan udara, mengatur proses aerasi dan drainase dengan baik, serta cocok digunakan untuk daerah yang panas.

Selain itu, serbuk dari sabut kelapa juga mengandung beberapa unsur hara penting seperti N, P, K, Mg, Mn, dan lain-lain sehingga sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar fenolik dan juga tanin saat melakukan proses pengomposan,

Bidang Industri

Banyaknya limbah sabut kelapa yang masih belum dimanfaatkan bisa menjadi salah satu prospek besar di dunia industri. Jika diolah dengan lebih serius, maka limbah sabut kelapa bisa diolah menjadi ragam produk berkualitas dan bernilai tinggi.

Contoh-contoh produk yang bisa diproduksi dengan bahan dasar sabut kelapa antara lain:

  1. Karpet
  2. Lapisan dasar spring bed
  3. Jok kendaraan
  4. Kasur dan bantal
  5. Hardboard
  6. Penahan erosi
  7. Briket
  8. Aksesoris wanita
  9. Tas dan dompet

Itulah informasi mengenai beragam manfaat dari penggunaan sabut kelapa. Semoga informasi yang diberikan bermnafaat ya sobat PTD!

Baca juga: Produk Olahan Kelapa Yang Diekspor Dimasa Pandemi

Sumber: 8villages.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.