Keunikan Cara Menanam Tembakau Srintil di Desa Legoksari

Mau tau bagaimana keunikan menanam tembakau srintil ? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Keunikan Tembakau Srintil

tembakau srintil
pixabay.com

Baca Juga:  Kecemasan Petani Tembakau Akibat Naiknya Harga Rokok

Petani tembakau di Desa Legoksari, Temanggung ini memiliki cara budidaya tanaman Tembakau Srintil  yang  unik dan khas hingga menghasilkan tembakau srintil yang berkualitas dan terbaik di Indonesia.

Pengolahan Tanah

Petani Desa Legoksari  memiliki cara dan metode  tersendiri yang unik salah satunya pengolahan lahan pertanian tembakau.

Lahan pertanian memiliki jenis tanah yang berbeda dari lahan pertanian yang ada di desa lainnya yang dapat membuat tembakau menjadi tumbuh subur karna tidak semua jenis tanah dan lahan bisa dijadikan sebagai tempat lahan tembakau.

Pemilihan Bibit

Bibit tembakau srintil yang digunakan adalah jenis tembakau Kemloko. Bibit tersebut disediakan oleh Dinas pertanian, perkebunan Kabupaten Temanggung  berupa varietas kemloko 1, 2 dan 3 dibagikan gratis kepada petani.

Masa Tanam

Masa tanam tembakau srintil  hanya bisa  mereka lakukan pada bulan Febuary sampai bulan September disaat musim kemarau tiba. Tembakau srintil tidak bisa ditanam setiap musim  karena hanya bisa ditanam pada setiap musim kemarau.

Tanaman tembakau Srintil tidak boleh banyak air atau kekurangan air, tetapi dilakukan penyiraman agar tanah tetap lembab secara alami .

Pada saat menanam tembakau petani menggelar ritual Among Tebal sebagai tanda awal musim tanam tembakau yang sudah menjadi keharusan dan wajib dilakukan oleh para petani  tembakau.

Pasalnya suatu ketika ada petani tidak melaksanakan tradisi Among Tebal saat musim tanam tiba, akibatnya kualitas tembakau menjadi jelek dan tidak laku dipasar.

Ritual Among Tebal bertujuan sebagai ungkapan wujud syukur kepada Tuhan YME dan meminta doa agar tanaman tembakau yang ditanam subur dan hasil panennya berkualitas.

Setelah selesai melakukan ritual Among Tebal petani baru melakukan tanam bibit tembakau srintil dilahan pertanian. Saat tanaman tembakau mulai tumbuh para petani mulai cemas akan munculnya tembakau srintil.

tembakau srintil
bolehmeroko.com

Baca juga: Menghadapi Kemarau, Menanam Tembakau Menjadi Pilihan Petani Grobogan

Masa Perawatan

Kemunculan srintil disambut antusias oleh petani, namun bukan berarti muncul  tembakau siap panen tetapi masih dikatakan srintil asoran atau srintil awal .

Pada masa tembakau srintil mulai tumbuh inilah para petani mulai melakukan kegiatan perawatan secara intensif dengan melakukan  penyiraman air pada bibit  tanaman tembakau  hingga umur 50 hari.

Karena tanaman tembakau ini masih membutuhkan air agar tanah tetap lembab dan subur dengan menggunakan bak penampungan air yang diangkut mobil pikap, kemudian disalurkan melalui selang.

Pemupukan dilakukan dengan pupuk organik tapi tetap membutuhkan  pupuk 450 kilogram pupuk NPK majemuk dan rata- rata setiap hektar petani mendapat bantuan pupuk dari Pemerintah daerah sebesar 250 ,Pupuk ZA dan pupuk sp 36 sebagai pupuk pelengkap petani harus mencukupi sendiri.

Masa Panen

Pada saat masa panen petani memetik daun tembakau sampai habis kecuali 7 daun yang paling atas. Pucuk daun  inilah diperkirakan bakal tembakau srintil kecuali bunganya.

Kemudian batang tanaman tembakau yang masih ada bunganya dibiarkan kering nantinya akan dijadikan benih pada masa tanam tahun depan.

Perlakuan Tembakau Menjadi Tembakau Srintil.

Sewaktu daun tembakau masih di pohon tidak ada yang bisa mengetahui lembaran daun itu akan menjadi srintil. Petani baru mengetahui ketika masa panen yang akan mengeluarkan  bau harum dan wangi.

Setelah itu diperam selama 3 hari akan kelihatan jamur kekuningan disimpan kembali oleh petani selama 7 hari hingga 8 malam sebelum dirajang hingga membusuk, mengeluarkan cairan yang menyebarkan aroma harum.

Tembakau srintil akan dijemur hingga manjadi kering, penjemuran juga tergantung dengan cuaca yang mendukung ketika cuaca mendukung  kualitas tembakau srintil makin tinggi harganya makin tinggi.


Itulah informasi mengenai keunikan tembakau srintil. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca Juga: Cara Membuat dan Mengaplikasikan Pestisida Tembakau

Penulis: Suryatiningsih

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.