Kota Probolinggo Lestarikan Buah Mangga Manalagi

Mau tau informasi mengenai pelestarian buah mangga manalagi? Pak Tani Digital akan memberikan informasi mengenai hal tersebut. Berikut ulasannya!

Pelestarian Buah Mangga Manalagi

Tujuan Pelestarian

buah mangga manalagi
bandungkab.co.id

Lestari yang berarti tetap seperti keadaan semula, tidak berubah, bertahan kekal. Pelestarian yang berarti proses, cara, perbuatan melestarikan, perlindungan dari kemusnahan dan kerusakan, pengawetan, konservasi, pengelolaan sumber daya alam.

Yang akan menjamin pemanfaatannya secara bijaksana dan menjamin kesinambungan persediaannya dengan tetap memelihara dan meningkatkan kualitas nilai dan keanekaragamannya.

Tujuan adanya pelestarian adalah Menjaga agar tidak merusak lingkungan, memelihara dan mengembangkan agar sebagai sumber daya alam tetap tersedia

Daya guna dan hasil guna harus dilihat dalam batas-batas yang optimal, tidak mengurangi kemampuan dan kelestarian sumber alam lain, dan pilihan penggunaan sumber daya alam guna persiapan di masa depan.

Baca juga: Rumah Pangan Lestari, Solusi Pekarangan Masa Kini

Populasi Mangga

Berdasarkan data Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Probolinggo, populasi mangga secara keseluruhan mengalami penurunan dalam dua tahun terakhir.

Pada 2018 tercatat ada 49.590 pohon mangga. Jumlah tersebut mengalami penurunan sebanyak 61 pohon pada 2019. Per 31 Desember 2019, jumlah pohon mangga menjadi 49.529 saja.

Melalui program penanaman pohon yang digagas Kapolri, Polresta Probolinggo berupaya untuk mengembalikan populasi mangga manalagi. Penanaman ratusan mangga manalagi melibatkan jajaran Forkopimda.

Seperti Kodim 0820, Pemkot Probolinggo, Yon Zipur 10 dan Bhayangkari Cabang Kota Probolinggo.

 Probolinggo Melakukan Pelestarian

buah mangga manalagi
detik.com

Baca juga: Cerita Kelompok Tani Boga Lestari Untuk Lawan Tengkulak

Kota Probolinggo juga melakuka pelestarian yaitu menanam 500 bibit mangga manalagi di halaman mapolres. Itu dilakukan karena populasi pohon mangga tersebut menurun

Serta mendukung program pemerintah kota yang mencanangkan satu rumah satu pohon. Kemudian melestarikan mangga manalagi khas Kota Probolinggo.

Penanaman pohon tersebut juga merupakan kegiatan bertajuk Polri Peduli penghijauan. Dimana pohon mangga manalagi agar ke depan bisa berkembang dan bisa bermanfaat.

Kegiatan ini dilakukan oleh setiap polsek jajaran agar turut melakukan penanaman di sekitar mako maupun di wilayahnya. Terlebih saat ini musim hujan, cocok untuk menanam mangga manalagi.

Tidak hanya dimanfaatkan buahnya saja, dengan penghijauan kita bisa terhindar dari bahaya banjir, tanah longsor atau erosi. Intinya jika kita sayangi alam kita, maka alam pun akan sayang kepada kita.


Itulah informasi mengenai pelestarian buah mangga manalagi. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Teknologi Baru Membuat Kebun Sayur Minimalis

Sumber: Detik.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.