ternak ikan nila

Mau ternak ikan nila yang mudah dan menjanjikan? Tapi bingung memulai usaha ikan nila darimana? Pak Tani Digital akan berbagi langkah-langkah ternak ikan nila merah yang mudah. Berikut Penjelasannya!

Ikan nila merupakan salah satu ikan dengan cita rasa yang gurih, daging yang empuk dan ternak lembut serta makanan favorit untuk semua orang.

Hal ini menjadikan budidaya ikan nila merah memiliki pangsa pasar sendiri serta menghasilkan keuntungan yang berlipat.

Bagi kamu yang ingin memulai langkah – langkah dalam memelihara ternak ikan nila merah, simak ulasan singkat berikut ini :

Cara Ternak Ikan Nila Merah:

Persiapan dan Pembuatan Kolam Ikan Nila Merah

Persiapan serta cara dalam mengelola kolam sebagai tempat budidaya ikan nila merah yaitu :

  1. Tentukan lokasi strategis yang dapat dijangkau oleh kendaraan sehingga memudahkan proses transaksi jual-beli ikan nila merah ke pasar.
  2. Gali lobang untuk kolam ternak ikan nila merah, idelanya kedalaman 100–120 cm, setelah itu, biarkan hasil galian selama 3–7 hari.
  3. Selanjutnya, dilakukan pemupukan sebagai pakan basal pada ternak ikan nila merah. Pupuk yang digunakan ialah pupuk organik dengan memanfaatkan pupuk organik dari ternak umumnya menggunakan kotoran ayam dengan dosis 1-2 ton per hektar. Pupuk ditebar secara merata di dasar kolam lalu dibiarkan selama 1-2 minggu.
  4. Selanjutnya, kolam digenangi dengan air mengalir sedalam 10-20 cm. Diamkan selama 3-5 hari. Pastikan sinar matahari dapat menembus dasar kolam sehingga ganggang atau organisme air tumbuh. Selanjutnya kolam diisi lagi dengan air dengan ketinggian mencapai 60-75 cm.

    ternak ikan nila merah
    nikojulius.com

Baca Juga: Ini Dia 5 Langkah Ternak Ikan Mas Bagi Pemula

Pemilihan dan Penebaran Bibit Ternak Ikan Nila Merah

Pemilihan bibit sebaiknya menggunakan bibit yang seragam dengan jenis pejantan  dengan harapan pertumbuhan yang lebih cepat.

Umumnya ukuran yang biasa menjadi acuan ialah 8 – 12 cm dengan kepadatan tebar sekitar 10 – 15 ekor per m2.

Ciri-ciri bebit ternak ikan nila merah yang bagus dan baik adalah: 1) Ukuran bibitnya seragam, 2) Kondisi bibit sehat dan tidak ada cacat fisik serta 3) Pergerakan renangnya lincah dan gesit

Penebaran bibit ternak ikan nila merah dilakukan secara bertahap untuk menghindari stress. Sebelumya, bibit dimasukkan pada baskom yang berisi air kolam untuk proses adaptasi, setelah itu baru ditebarkan ke dalam kolam. Proses penebaran bbit dilakukan di malam hari.

Pemeliharaan Ikan Nila Merah

Proses pemeliharaan ikan nila merah dapat dilakukan sebagai berikut :

1. Penggantian Air Kolam

Kualitas air adalah hal paling fundamental dalam budidaya ikan, termasuk ikan nila merah. Penggantian air kolam dilakukan apabila air telah keruh karena berpengaruh pada produktivitas ikan nila merah.

Pengurasan dilakukan pada 1/3 ketinggian air pada kolam lalu diisi kembali dengan air kolam yang baru.

2. Pemberian pakan

Pakan menyumbang biaya produksi terbesar dalam bisnis peternakan sehingga sangatlah penting mengatur pemberian pakan.

Jadwal pemberian dilakukan pada pagi dan sore hari dengan perbandingan 3% dari berat tubuh ikan yang ada di kolam pemeliharaan.

Pakan yang diberikan ialah pakan terapung sehingga lebih mudah dalam menilai kualitas pakan terbaik, pakan yang tidak dimakan akan menjadi amoniak sehingga sangat penting untuk menjaga kebersihan kolam dengan membersihkan pakan yang tersisa.

ternak ikan nila merah
mitalom.com

Baca juga: Apa Saja Peluang Budidaya Ikan di Pasaran?

3. Cara pengendalian hama dan penyakit

Kebersihan kolam adalah hal yang paling penting dalam  budidaya ikan nila merah. Keracunan akibat amoniak serta adanya parasit pada ikan umumnya disebabkan karena pencemaran pada air kolam.

Gunakan air yang bersih dengan PH air yang sesuai sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit pada ikan anda.

Panen Ternak Ikan Nila Merah

Panen ikan nila merah dilakukan pada berat 300–500 gr/ekor atau berumur sekitar 4–6 bulan.

Proses panen ikan nila dilakukan dengan membuka lubang pembuangan air di kolam agar ikan bisa keluar lalu ditangkap dengan jaring yang disediakan pada pintu pembuangan.


Itulah cara beternak ikan nila merah yang dapat diterapkan. Selamat mencoba sobat PTD !

Baca juga: Cara Mengolah Kaldu Ikan Menjadi Pupuk Cair

Penulis : Suryadi Pappa

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber :

  • https://ilmubudidaya.com/cara-budidaya-ikan-nila-merah-di-kolam-tembok.
  • https://alamtani.com/budidaya-ikan-nila/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.