Manfaat Bawang Putih Tunggal Bagi Tubuh

Berikut informasi dari Pak Tani Digital mengenai manfaat bawang putih tunggal bagi tubuh.

Bawang Putih Tunggal

Taksonomi Bawang Putih Tunggal

pixabay.com

Baca Juga : Perkuat Ekspor Dengan Budidaya Vanili

Bawang putih tunggal adalah bawang putih yang tidak ada teman dalam satu wadah kulit bawang putih. Jenis yang satu ini dikenal dengan nama bawang putih tunggal atau bawang putih lanang.

Sama seperti bawang lainnya, ia juga mengandung minyak atsiri, senyawa allicin dan masih banyak lagi lainnya.

Uniknya, bawang putih tunggal atau bawang putih lanang ini memiliki bentuk bulat dan warnanya jauh lebih putih ketimbang bawang biasa.

Berbeda dengan bawang putih pada umumnya yang sering digunakan untuk memasak, bawang putih tunggal tidak pernah digunakan untuk memasak.

Bawang putih tunggal lebih sering digunakan sebagai bahan obat herbal, karena khasiatnya yang beraneka ragam untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Divisi : spermatophyte

Sub divisi : Angiospermai

Kelas: monocotyledonae

Bangsa : liliales Suku: liliaceae

Marga : Allium

Spesies : Alliumsativum L

Bawang putih termasuk kedalam tumbuhan berumbi lapis atau disebut juga dengan tumbuhan siung yang bersusun. Bawang putih tumbuh secara berumpun dan berdiri tegak sampai 30 –75 cm.

Manfaat Bawang Putih Tunggal

pixabay.com

Baca Juga : Permintaan Pasar Taiwan Untuk Produk Holtikultura

Bawang putih tunggal sering dipakai sebagai obat herbal, berikut manfaat bawang putih tunggal bagi tubuh :

Menurunkan Tingkat Kolesterol

Dilansir Naturally Yours, bawang putih tunggal biasa dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Menurut hasil penelitian, bawang putih tunggal bisa menekan kolesterol hingga 20 mg/dl dan menurunkan kadar trigliserida.

Untuk menurunkan kolesterol, konsumsi 3 sampai 4 siung bawang lanang saat perut masih kosong.

Mencegah Masuk Angin dan Batuk

Manfaat bawang putih tunggal atau bawang lanang yang lain adalah mencegah masuk angin dan batuk. Menurut hasil penelitian, konsumsi bawang putih tunggal secara teratur bisa menurunkan risiko terkena masuk angin dan batuk sampai 50 persen.

Untuk mendapatkan khasiat bawang putih tunggal dalam mencegah masuk angin, gerus 2 siung bawang. Setelah itu seduh dengan air hangat dan minum.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selain mencegah masuk angin dan batuk, konsumsi bawang putih tunggal atau bawang lanang juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh dalam menangkal penyakit-penyakit lain yang disebabkan virus. Ini disebabkan oleh khasiat alliinase dan alliin di dalamnya.

Mengatasi Diabetes

Penelitian membuktikan bahwa konsumsi 2 sampai 3 siung bawang putih tunggal secara teratur bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Allicin bawang jika dikombinasikan dengan vitamin B dan thiamine bisa merangsang pankreas untuk mengirimkan insulin ke seluruh tubuh.

Mencegah Kanker

Dilansir HerbalFor, sulphide di dalam bawang putih tunggal dapat membantu liver untuk melawan pembelahan sel kanker yang tidak wajar.
Mengatasi asma

Untuk mendapatkan manfaat bawang putih tunggal dalam mengobati asma, kombinasikan bawang yang sudah dihaluskan dengan madu.

Menyembuhkan Influenza

Untuk penderita influenza, aroma menyengat dari bawang putih akan menstimulasi membran mokus. Dengan begitu pernapasan terasa lebih lega.

Banyak manfaat bawang putih bagi kesehatan tubuh.


Itulah informasi mengenai Manfaat Bawang putih tunggal bagi tubuh. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca Juga : Keberadaan Serangga Terencam Mengalami Kepunahan

Sumber : Liputan 6.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.