Yuk Kenali Segudang Manfaat Kartu Tani

Program-program pertanian yang dicanangkan oleh pemerintah digadang mampu meningkatkan kesejahteraan para petani. Salah satunya adalah peluncuran Kartu Tani. Kira-kira apa saja ya manfaat kartu tani ini?

Sarwo Edhy selaku Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian menjelaskan bahwa Kartu Tani merupakan program kartu debit layaknya ATM. Penggunaan kartu debit ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pertanian.

“Keberadaan Kartu Tani diharapkan membawa dampak positif bagi semua kalangan. Tidak hanya bagi pemerintah dan pihak terkait saja, melainkan yang paling penting adalah manfaat bagi para petani,” ujar Sarwo Edhy, Rabu (21/8/2019).

Melirik Manfaat Kartu Tani

  • Kemudahan Mendapat Pupuk Subsidi

Sarwo Edhy menjelaskan bahwa kepemilikan akan Kartu Tani akan memudahkan para petani untuk memperoleh pupuk subsidi.

Pentingnya pupuk subsidi menjadi komponen mutlak dalam pertanian untuk keberlangsungan hidup para petani.

Baca Juga : 8000 Kartu Tani Di Bandung Barat Sudah Didistribusikan

“Dengan adanya Kartu Tani, nantinya para petani dapat menggunakannya dalam membeli pupuk bersubsidi. Langkah seperti ini juga efektif dalam menyalurkan pupuk bersubsidi tepat sasaran,” jelasnya.

  • Penjualan Panen Tanpa Perantara

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa petani akan merasa ketakutan apabila musim panen tiba. Ketidakmampuan para petani dalam meraup keuntungan seakan hilang seketika.

Hal ini dilakukan oleh sebagian oknum yaitu para tengkulak yang mengambil keuntungan besar. Pupusnya keuntungan petani untuk mendapatkan keuntungan besar tidak lain dan tidak bukan karena para petani tidak menemukan penjual akhir yang pasti. Sehingga mereka memerlukan tengkulak sebagai sarana penengah mereka.

Baca Juga : Pangan Murah Petani Sejahtera, Benarkah?

Dengan Kartu Tani, petani dapat langsung datang ke Bulog untuk menimbang hasil panen dan akan dimunculkan nominal pembayaran oleh server SINPI untuk dikirimkan ke petani via SMS. Keterbukaan nilai jual hasil panen selanjutnya akan masuk ke rekening petani.

manfaat kartu tani
Ilustrasi : Ragam manfaat kartu tani telah dicanangkan oleh pemerintah, dan membutuhkan hasil nyata agar benar kartu tani mendatangkan manfaat bagi petani.
  • Mengajukan Kredit Usaha

Pembayaran kredit usaha juga merupakan manfaat kartu tani berikutnya. Petani yang memiliki hasil lebih dapat memakainya untuk unit usaha lainnya.

Kartu Tani memudahkan petani untuk mengajukan kredit usaha di lembaga perbankan dan keuangan yang telah ditunjuk oleh pemerintah. Kartu Tani ini pun digunakan untuk memverifikasi data para petani ketika melakukan pengajuan pinjaman kredit usaha.

“Dengan demikian, semua proses akan berjalan lancar karena data-data yang ada langsung masuk ke Kartu Tani tersebut,” tambahnya.

  • Kemudahan Bantuan Subsidi

Terakhir, manfaat Kartu Tani yang bisa dirasakan oleh para petani ialah kemudahan dalam mendapatkan bantuan sosial maupun subsidi. Terutama untuk bidang pertanian dan beberapa program nasional kementerian terkait.

Baca Juga : Asuransi Pertanian, Membantu Petani atau Tidak?

“Contohnya saja, program bantuan sosial Kementerian Keuangan, Kementerian Koperasi dan Kementerian Pertanian yang memiliki andil besar dalam memajukan dan memfasilitasi kebutuhan petani di Indonesia,” pungkasnya.

  • Dapat Digunakan sebagai Tabungan

    Ada satu hal yang menjadi masalah yang dijumpai dalam pertanian, yaitu penggunaan rekening bank.

    Sebagian para petani di beberapa daerah justru menggunakan penyimpanan uang hasil panen secara konvensional.

    “Faktornya adalah letak bank yang cukup jauh dan terkendala mengenai persyaratan lainnya. Kartu Tani memberikan sebuah alternatif baru dan dengan memiliki Kartu Tani maka bisa digunakan sebagai tabungan dan bisa meminimalisir kerugian finansial jika dibandingkan dengan cara konvensional,” paparnya.


Nah itulah dia paparan artikel pertanian tentang manfaat kartu tani. Di antara sobat PTD apakah ada yang sudah mendapat kartu tani?

Baca Juga : Pengaruh Swasembada Pangan Indonesia di Tangan Petani Muda

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.