Merangsang Stroberi Berbuah Lebat

Bagaimana cara merangsang stroberi supaya berbuah lebat? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasinya.

Stroberi Berbuah Lebat

Strawberry adalah tanaman subtropis dari jenis Fragaria, yang tumbuh baik di dataran tinggi tropis dengan temperatur 17-20 derajat celcius. Tanaman strawberry memiliki akar tunggang atau radix primaria, tumbuh memanjang dengan ukuran besar. Buah strawberry sering diolah menjadi makanan atau minuman, seperti selai, jus, dan campuran makanan lainnya.

Buah ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi karena mengandung quercetin, ellagic acid, antosianin, dan kaempferol. Hal ini menjadikan strawberry sebagai buah yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi risiko kanker dan lainnya.

Dengan berbagai manfaat yang baik, tidak sedikit orang yang ingin membudidayakan buah mungil ini.. Apa Anda juga ingin tahu cara menanam buah strawberry hingga berbuah lebat? Simak penjelasan di bawah ini.

Baca juga : 5 Tips Sukses Membudidayakan Strawberry di Tempat Panas

A. Persiapan dan Penanaman

  • Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit berkualitas tinggi sangat dibutuhkan agar menghasilkan panen yang baik pula. Penanaman bibit yang salah tentu akan membuat panen Anda tidak maksimal. Bibit berkualitas berarti bibit yang tahan dari hama penyakit dan memperlihatkan pertumbuhan yang bagus.

  • Penyiapan Media Tanam

Campur tanah yang gembur dengan pupuk, dapat menggunakan pupuk kompos atau pupuk kandang. Dapat ditambahkan arang atau sekam padi, kemudian campur semua bahan sampai merata. Setelah bercampur, tutup dan biarkan selama 1 hari.

  • Penanaman

Siapkan plastik polybag yang akan dijadikan tempat strawberry tumbuh. Masukan tanah yang sudah dicampurkan tadi ke dalam polybag, dan masukkan bibit tanaman strawberry perlahan-lahan ke dalamnya.

B. Perawatan dan Pemeliharaan

  • Penyiraman

Penyiraman strawberry harus dilakukan secara rutin sejak awal penanaman sampai masa generatif. Lakukan penyiramann dengan intensif. Pastikan media tanam agar selalu lembab, jangan sampai kering.

  • Penyulaman

Jika terjadi kerusakan atau gangguan perkembangan pada tanaman strawberry, atau bahkan mati, lakukan tahap Penyulaman. Penyulaman artinya tanaman yang rusak atau mati diganti dengan bibit baru di dalam polybag yang sama. Hal ini sangat penting dilakukan untuk menghindari kegagalan panen.

  • Pengendalian Hama dan Penyakit

Selain proses penyiraman, Anda juga perlu memperhatikan tumbuhnya hama penyakit. Jika Anda menemukan hama pada tanaman, segera lalukan pembersihan. Pembersihan dapat dilakukan dengan penyemprotkan pestisida yang cocok untuk tanaman strawberry.

Baca juga  : Rumah Pangan Lestari, Solusi Pekarangan Masa Kini

  • Pemupukan

Tanaman strawberry yang sudah memasuki umur 2 bulan harus dipupuk untuk mempertahankan pertumbuhnya. Gunakan pupuk organik atau anorganik sesuai dengan takaran yang dibutuhkan. Usahakan jangan sampai pupuk mengenai batang, daun, dan buah tanaman.

  • Penyiangan
    Penyiangan tanaman strawberry juga harus dilakukan secara terartur. Anda harus memastikan ada tumbuh tanaman lain di dalam polybag, seperti rumput, gulma, atau parasit lainnya. Bersihkan jika terdapat daun kering atau menguning pada tanaman.

Baca juga : Inovasi Baru Membuat Kebun Sayur Minimalis

C. Proses Pemanenan

Tanaman strawberry sudah dapat dipanen pada usia 2 sampai 4 bulan. Setelah panen pertama, Anda dapat melakukan panen selanjutnya di setiap 3 hari atau 2 kali dalam sepekan. Saat panen, Anda juga harus memanau kondisi buah supaya tidak panen terlalu cepat atau terlalu tua.

Berhati-hatilah saat memanen stroberi. Panen yang benar adalah dengan memotong tangkai memakai gunting lalu mencuci buahnya untuk segera dikonsumsi. Tanaman strawberry yang sudah bisa dipanen buahnya memiliki ciri-ciri umum seperti buah terasa kenyal dan empuk.

Jika dimakan terasa sedikit masam. Warna kulit buahnya merah mudah atau merah tua ditambah warna tangkai yang agak coklat kekuningan. Rahasia agar dapat menghasilkan buah stroberi besar dan manis rasanya itu adalah saat anda benar-benar memperhatikan perawatannya dan pemeliharaannya.

Baca juga : Cara Budidaya Selada di Rumah Hingga Panen


Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber foto : Pixabay

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.