pemerintah

Mengingat keadaan negara yang hampir memasuki resesi, pemerintah mengambil tindakan untuk mengoptimal pertanian guna menopang ekonomi negara dan didukung oleh pejabat.

Dimasa pandemi ini, presiden Joko Widodo berharap masyarakat tidak hanya fokus untuk menghindari covid juga sama-sama berjuang memulihkan keadaan ekonomi negara.

Sumber: https://cdn.statically.io/img/image.cnbcfm.com/api/v1/image/106096413-1566806637427gettyimages-629246044.jpeg?v=1566806799&w=678&h=381

Presiden Joko Widodo berharap semua elemen bangsa dapat menjadikan keadaan saat ini sebagai batu loncatan untuk memperbaiki keadaan negara.

Pendapat Pejabat untuk Kebijakan Pemerintah

Pejabat PDIP yaitu Effendi Simbolon mendukung tindakan pemerintah ini. Menurut beliau sektor pertanian memang berdampak besar bagi keuangan negara. Selain itu banyak sektor pertanian yang dapat berkembang dan berpeluang memberikan banyak keuntungan.

Effendi Simbolon juga melihat bahwa ada peluang besar untuk Indonesia mengoptimalkan kualitas pertanian di Indonesia. Sayangnya, kita masih kurang dalam memanfaatkannya. Contohnya, kita masih sering mengandalkan impor untuk memenuhi kebutuhan pengan kita.

Padahal sebenarnya kita dapat memproduksinya di dalam negeri, bahkan tidak menutup kemungkinan kita bisa ekspor prosuk.

Effendi juga mencontohkan di salah satu wilayah di Jawa Tengah yang sudah melakukan ekspor bawang putih hingga mencapai 1000 ton. Kalau mengingat kebelakang, dulunya Indonesia malah menerima impor bawang putih dari negara lain. Ini merupakan sebuah kemajuan yang membanggakan.

Kita juga sebagai warga negara Indonesia berharap yang sama, dimana negara dapat meningkatkan dan menunjukkan kepedulian dalam meningkatkan perkembangan sektor pertanian di Indonesia.

Kita juga akan mendukung peraturan dan kebijakan pemerintah dalam mendorong daerah-daerah yang sebenarnya berpeluang untuk mengoptimalkan pertanian namun masih kurang dalam bimbingan dan perhatian.

Pemerintahan juga sudah siap untuk memperhatikan lebih sektor pertanian. Bahkan, untuk Oktober 2020 nantinya, pemerintah akan melakukan penanaman padi di lahan seluas 30.000 Ha.

Ini salah bukti pemerintah juga mendukung penuh pertanian dan menganggap bahwa pertanian adalah hal terpenting untuk mempertahankan pangan Indonesia.

 

Baca Juga: Upaya Pemerintah Mendukung Pertanian Indonesia

Peran Petani Bagi Pertanian

Untuk mendukung ini semua, seluruh warga negara  berharap untuk para petani tidak memberikan lahannya beralih fungsi, mengingat pertanian sangat penting dan berdampak bagi semua lapisan masyrakat yang ada di Indonesia bahkan di luar Indonesia.

Semakin banyak lahan yang beralih fungsi semakin kecil kemungkinan kita dapat memajukan sektor pertanian.

Hal ini juga sudah disuarakan oleh menteri pertanian, agar para petani tidak melepaskan lahan pertaniannya untuk beralih fungsi dengan alasan apapun.

Bagaimana kebijakan pemerintahan untuk mengoptimalkan sektor pertanian bisa berjalan jika lahan sudah banyak yang beralih fungsi?

Kita tidak tahu bagaimana keadaan 5 sampai 10 tahun kedepan. Kita harus tetap mempertahankan pertanian untuk mengurangi segala kemungkinan buruk di depan.

Bayangkan jika semua lahan berubah menjadi pembangunan lalu bagaimana pertahanan pangan? oleh karena itu kita harus saling berpegang tangan untuk mempertahankan pangan Indonesia. Bukan hanya pemerintah yang bertanggung jawab dalam hal ini juga semua orang yang ada dalam negara ini.

Pemerintah berharap semua orang saling mendukung dalam menjalankan kebijakan yang dikeluarkan dalam mengoptimalkan pertanian Indonesia demi kepentingan bersama.

Baca Juga: Daftar Negara yang Mengalami Resesi di Masa Pandemi

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.


Referensi :

https://akurat.co/news/id-1198166-read-hadapi-resesi-politikus-pdip-dukung-jokowi-optimalkan-sektor-pertanian

https://katadata.co.id/agungjatmiko/berita/5f2bb610ec9c9/pemerintah-akan-lakukan-penanaman-perdana-lumbung-pangan-oktober-2020?utm_source=Direct&utm_medium=Tags%20Kementerian%20Pertanian&utm_campaign=BIG%20HL%20Slide%201

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.