penyuluhan online

Mau tau informasi mengenai penyuluhan online untuk panen raya? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Panen raya Jagung

Penyuluh Pertanian

penyuluhan online
berita2bahasacom

Baca juga: Wabah Corona, Petani di Jawa Siap Panen Raya

Pekerjaan seorang petani memang terfokus pada merawat sumber daya alam yang dimiliki untuk kemudian melakukan proses panen atau produksi.

Didistribusikan kepada konsumen biasanya melalui pasar, dan terakhir dapat dikonsumsi oleh konsumen.

Seorang petani harus pandai dalam memahami keadaan atau situasi yang ada di area pertanian termasuk cuaca alam.

Untuk meghasilkan produk yang berkualitas maka para petani akan diberikan informasi dan pengetahuan seputar bidang pertanian.

Penyuluhan pertanian merupakan salah satu cara yang tepat untuk meningkatkan kualitas produk alam tersebut. Penyuluhan adalah suatu pendidikan yang diberikan oleh seorang komunikator di luar bidang pertanian.

Tujuan utama dalam penyuluhan pertanian adalah mengajak para petani dalam meningkatkan sumber daya manusia dan sumber daya alam.

Selain itu, para petani dituntut agar dapat menyelesaikan permasalahannya dengan baik.

Kementerian Pertanian (Kementan) dalam Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) terus mengawal panen raya padi dan jagung di Gorontalo yang diperkirakan akan berlangsung pada minggu keempat Maret sampai dengan April nanti.

Di tengah mewabahnya virus Covid-19 para penyuluh Kostratani tetap menjadi ujung tombak pemerintah dalam pendampingan petani melalui penyuluhan secara teleconference.

Gorontalo sendiri merupakan salah satu sentra produksi nasional untuk komoditas padi dan jagung. Sejak akhir tahun 2019 kemarin.

Para penyuluh telah melakukan pendampingan untuk memasifkan teknologi baru, yaitu tumpang sari tanaman (turiman) padi lahan kering dan jagung.

Pada demontration plot (demplot) turiman di Desa Ilangata Barat, Kecamatan Anggrek, Kab. Gorontalo Utara, panen diperkirakan bisa mencapai 2,83 ton per hektarenya. Varietas yang digunakan adalah Varietas Situbagendit.

Pembinaan Penyuluh Online Panen Raya

penyuluhan online
metroriau.com

Baca juga: Pesanan Hasil Panen Petani Turun 50% Akibat Corona

Pembinaan untuk penyuluh akan dijadwalkan dan tetap melakukan pembinaan, pendampingan dan pengawalan aktivitas pertanian oleh petani di lapangan meskipun adanya pembatasan kunjungan di wilayah binaan.

Pembinaan dilakukan melalui teleconference dengan wilayah binaan sesuai jadwal yang sudah ditentukan

Program untuk mendorong penyuluhan berlangsung secara intensif tanpa perlu melakukan kunjungan di lapangan. Melalui telekonferensi ini

Pemerintah pusat dapat secara cepat mengetahui langsung kendala dan persoalan di lapangan sehingga bisa segera memutuskan kebijakan dan solusi permasalahan untuk petani.

Pengawalan tanpa tatap muka ini sejalan dengan konsep Kostratani yang dikembangkan oleh Kementan.

Menteri Pertanian meminta Kostratani memanfaatkan secara optimal peralatan digital dan teknologi informasi dalam kegiatan penyuluhan dan pendampingan.

Harapan para penyuluh dengan adanya program Kostratani dari Kementan ini, bisa memberikan motivasi kepada petani pelaksana untuk menerapkan metode teknologi dalam budi daya pangan mereka.

Panen Raya Gorontalo bulan Maret – April 2020 nanti menjadi salah satu fokus utama Kementan.

Pengawalan dilakukan untuk memastikan ketersediaan stok pangan terjamin, terutama saat Indonesia sedang menghadapi wabah virus Covid-19 dan meningkatnya kebutuhan jelang Ramadan dan Idul Fitri

Sehingga diharapkan pemerintah dapat melakukan percepatan penyaluran benih dari dana APBN provinsi maupun pusat.


Itulah informasi mengenai penyuluhan online untuk panen raya jagung di Gorontalo. Semoga informasi yang diberikan dapat bermnafaat ya sobat PTD!

Baca juga: Jangan Impor, Corona Peluang Besar Pertanian

Sumber: Detik.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.