pakan ikan maggot

Mau tau informasi mengenai pembangunan pakan berbasis maggot? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Bangun Industri Pakan Berbasis Maggot

Industri Pakan Maggot

pakan ikan maggot
newsdetik.com

Baca juga: Maggot BSF, Mengubah Sampah Menjadi Berkah

Tujuh unit model percontohan maggot skala industri akan dibangun oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Direktur Jenderal Perikanan.

Karena maggot mempunyai peluang sebagai bahan baku alternatif pakan ikan yang dapat mengurangi penggunaan tepung ikan dan salah satu pakan berprotein tinggi bagi ikan.

Monggot merupakan organisme yang berasal dari telur Black Soldier Fly (BSF), pada metamorfosis fase kedua setelah fase telur dan sebelum fase pupa yang nantinya akan menjadi BSF dewasa.

Sehingga mempunyai kandungan nutrien yang lengkap dan kualitas yang baik serta dapat diproduksi dengan kuantitas yang cukup dalam waktu singkat secara berkesinambungan.

Selain itu maggot dipilih karena bisa tersedia dalam jumlah melimpah dan sepanjang waktu dan tidak berbahaya bagi ikan dikarenakan bukan vektor penyakit.

Serta maggot mengandung nutrisi sesuai dengan kebutuhan ikan yakni kandungan protein sebesar 40-48% dan lemak 25-32%.

Keunggulan Maggot

pakan ikan maggot
detiknews.com

Baca juga: Manfaatkan Ampas Tahu Untuk Budidaya Belatung

Keunggulan lain dari maggot antara lain teknologi produksi maggot dapat diadopsi dengan mudah oleh masyarakat, dan maggot dapat pula diproses menjadi tepung maggot (mag meal).

Sehingga dapat menekan biaya produksi pakan. Produksi budidayanya pun tidak membutuhkan air, listrik, bahan kimia, dan infrastruktur yang digunakan relatif sederhana

Dengan potensi ini maka perlu pengembangan industri maggot dan pengolahan sampah organik melalui teknologi biokonversi maggot.

Diharapkan juga berperan dalam mengurangi sampah organik dengan cepat serta dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru dan juga ketersediaan maggot sebagai bahan baku alternatif pakan tersedia sepanjang waktu.

Tantangan dalam budidaya ini yaitu memerlukan ketekunan juga edukasi terhadap masyarakat terkait sampah organik merupakan sumber material yang masih memiliki nilai manfaat sebagai bahan baku media budidaya maggot.

Diharapkan nantinya memudahkan peluang peningkatan nilai tambah dan diharapkan dapat memberikan multiplier effect kepada pembudidaya ikan khususnya secara berkelanjutan serta mendorong pengembangan budidaya perikanan.


Itulah informasi mengenai industri pakan berbasis maggot. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Persiapan Daya Saing Produk Akuakultur

Sumber: Investor Daily Indonesia

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.