petani sukses

Mau tau informasi mengenai petani sukses dengan usaha singkong? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Petani Sukses

Usaha Singkong

petani sukses
monitor.co.id

Baca juga: Petani Muda Sukses Ekspor Baby Buncis Rp 400 Juta

Setiap orang pastinya memiliki mimpi masing-masing dan banyak cara untuk menjadikan diri jadi lebih sukses.

Menjadi seorang petani pastinya dipandang sebelah mata oleh banyak orang dimana tidak ada sesuatu hal pun yang bisa dijanjikan utnuk menjadi seorang yang sukses karena pandangan terhadap pertanian selalu terkesan kotor dan tradisional.

Berbeda dengan Riza Azyumarridha Azra berumur 26 tahun, pilihannya menjadi seorang petani muda baginya, pertanian adalah profesi utama dalam karier dan kehidupan.

Anak muda asal Banjarnegara yang sukses menjalankan bisnis singkong menjadi tepung mocaf.

Dalam menjalankan bisnisnya proses mocaf dibagi menjadi tiga klaster. Pertama  mendorong petani lokal yang berusia tua untuk memproduksi singkong.

Kedua, mendorong kaum ibu untuk memproses olahan singkong dan ketiga mendorong anak muda untuk melakukan packaging, sehingga memiliki daya tarik yang cukup tinggi.

Khususnya pada kemasan ekspor. Ketiga klaster ini diterapkan untuk menyamaratakan keuntungan antara petani, kaum ibu, dan anak muda.

Peluang Tepung Mocaf

petani sukses
wartatani.com

Baca juga: Semangat Bisnis Ekspor Petani Muda dari Bali

Sekarang singkong mocaf memiliki peluang yang cukup besar pada pertumbuhan ekspor nasional, olahan mocaf hampir sama dengan tepung terigu yang biasa digunakan untuk pembuatan mie instan dengan hasil yang jauh lebih bagus.

Selain itu, tepung ini menjadi pilihan utama bagi warga Amerika yang menerapkan gaya hidup sehat. Mereka memilih mocaf daripada tepung biasa karena terdapat kandungan alami yang sangat sehat.

Produksi dalam sebulan mampu menghasilkan 10 ton tepung mocaf untuk penjualan lokal dan ekspor dan sedang dalam tahapan memroses sertifikat ekspor ke berbagai negara di Eropa dan benua Amerika.

Untuk harga hanya dibandrol sebesar Rp15 ribu per kemas dengan omzet yang lumayan besar, dengan melihat pendapatan setiap bulannya Riza sangat ingin mengajak para milenial untuk bergabung dan sukses bersama-sama membangun pertanian.

Dalam teori pertanian sangat penting mempraktekkan nya di dunia bisnis dan menjadi seorang petani dituntut untuk untuk berpikir, jadi harus bisa membaca peluang pasar.

Selain itu ada seorang pengusaha muda yang bergerak di bidang penjualan produksi tani untuk dipasarkan ke pasar internasional bernama Jati yang mengarahkan mahasiswa pertanian harus mendominasi usaha tani di seluruh Indonesia.

Mahasiswa harus berani mengambil resiko dan bertanggungjawab atas usahanya menjadi enterpreneur muda.


Itulah informasi mengenai usaha tepung mocaf yang sukses. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Petani Muda dari Merbabu Tidak Malu Menjadi Petani

Sumber: Wartatani.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.