talas

Berikut informasi dari Pak tani Digital mengenai potensi talas beneng untuk di ekspor

Talas Beneng

Manfaat Talas

talas
pixabay.com

Baca juga: Tidak Adanya Larangan Ekspor Perikanan Ke China

Talas (Colocasia esculenta ) merupakan jenis umbi-umbian yang banyak ditemuin di Indonesia, talas dikenal kaya akan nutrisi yang mampu memberikan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh secara keseluruhan.

Talas banyak mengandung senyawa organik, mineral, serta tingkat tinggi vitamin A , C, E, vitamin B6 , dan folat.

Menurut USDA Nutrient database Nasional. Tidak hanya itu, talas juga terdapat magnesium, zat besi, seng, fosfor, kalium, mangan, dan tembaga di dalamnya.

Umbi talas ini sangat baik bagi penderita diabetes dan berbagai manfaat lainnya seperti mengatasi masalah pencernaan dan penglihatan, menjaga kesehata kulit dan rambut hingga mengatasi masalah bagi penderita darah tinggi.

Umbi satu ini banyak digunakan oleh pengusaha kecil hingga besar menjadi beraneka ragam makanan bercita rasa lezat.

Mulai dari makanan utama pengganti nasi, sup, puding, bolu, dan lain sebagainya. Sehingga peminat dari umbi ini sangat lah banyak, bahkan sampai di ekspor ke berbagi mancanegara.

Ekspor Talas

talas
pixabay.com

Baca juga: Kibarkan Pemasaran Ubi Jalar Hingga Ke Hongkong

Di masa pandemi ini permintaan luar negeri untuk Talas Beneng ternyata tidak menyurut. Selain Belanda, ada lima negara baru yang menampung hasil panen Talas Beneng asal Pandeglang.

Permintaan untuk Daun Talas Beneng kering ke Australia dan Selandia baru mencapai 20 ton per bulan, bahkan pengiriman ke India mencai 40 ton dan ke Turki sebanyak 50 ton perbulannya.

Dalam program meningkatkan hasil budidaya talas beneng yang sudah menjadi komoditas ekspor andalan dan sudah mendapatkan sertifikasi dari Kementerian Pertanian.

Sehingga talas ini sudah memiliki nilai ekonomi yang tinggi dibandingkan dengan tanaman lainnya didaerah tersebut karena mulai dari akar hingga daunnya digunakan untuk produksi sehingga tidak ada yang terbuang.

Mulai dari tahun ini hingga lima tahun ke depan peluang semakin terbuka dan dipastikan akan meningkatkan pendapatan petani karena seluruh bagian dari talas beneng ini sangat bermanfaat dan bernilai ekonomi tinggi.


Itulah informasi mengenai potensi talas yang memiliki potensi untuk di ekspor. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Menuju Swasembada Bawang Putih Agar Terlepas Dari Impor

Sumber: Media Indonesia

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.