Sumut Kibaran Ekspor Sarang Burung Walet ke 4 Negara

Mau tau informasi mengenai ekspor sarang burung walet? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Sarang Burung Walet

Ekspor Sarang Burung Walet

sarang burung walet
hariansib.com

Baca juga: Dukungan HKTI Untuk Produk Pertanian ke Pasar Ekspor

Indonesia merupakan salah satu daerah penghasil sarang burung ini terbaik di dunia. Sarang walet atau Edible’s Bird Nest adalah sarang yang diciptakan dari air liur burung walet yang terpadatkan tanpa tambahan bahan lain yang sudah dikenal dengang berbagia mnafaat bagi kesehatan.

Sumatera Utara (Sumut) telah mengekspor sebanyak 593,75 Kilogram (Kg) sarang burung waalet ke empat negara. Sarang burung walet diekspor Amerika Serikat, Prancis, Australia, dan China.

Sebanyak 593,75 Kg Sarang Burung Walet yang dieskpor PT Ori Ginalnest Indonesia tersebut senilai US$832,154 atau Rp11.650.156.000.

Rincian, ekspor perdana ke Amerika 52 Kg, Xiamen (China) 300 Kg, Ghuangzhou (China) 217,75 Kg, Prancis 10 Kg, dan Australia 14 Kg.

Pelepasan ekspor yang ditandai dengan pemecahan kendi dan melepas truk kontainer dan disaksikan oleh perwakilan PT Ori Ginalnest Indonesia.

Asosiasi UMKM Sumut beserta serta seluruh pihak terkait di Kompleks MMTC Blok C Jalan Willem Iskandar, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deli Serdang.

Harapan Kedepannya

sarang burung walet
liputan6.com

Baca juga: Lepas Ekspor 53 Ton Rumput Laut ke China

Unutk kedepannya diharapkan dilakukan hilirisasi sehingga tidak hanya sarang burung walet atau bahan baku saja yang ekspor.

Tetapi juga produk-produk hilirnya sehingga akan meningkatkan nilai tambahnya.  Apalagi ini sifatnya industri padat karya yang akan menyerap banyak tenaga kerja.

Jaga terus standar dan kualitas agar semakin meningkat lagi permintaan ekspor dari Indonesia.

Jumlah eskpor sarang walet di Indonesia, Sumut berkontribusi 31 persen terhadap ekspor nasional dan Indonesia adalah produsen sarang walet ini terbesar di dunia dengan produksi sekitar 200 ton per tahun.

Sebagi informasi bahwa Provinsi Sumut dalam realisasi penerbitan Surat Keterangan Asal (SKA) volume ekspor sarang walet hingga Oktober 2019 telah mencapai 21 ton. Sedangkan untuk tahun 2020 target ekspor sebanyak 35 ton.

CEO PT Ori Ginalnest Indonesia, Rusianah optimis, untuk mencapai target ekspor hingga 35 ton. Pihaknya juga berupaya mempromosikan sumber daya alam Indonesia ke mancanegara.


Itulah informasi mengenai ekspor sarang burung walet dari Sumatera Utara. Semoga informasi yang diberikan dapat memberikan manfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Banyuwangi Sentra Pisang Cavendish Berpotensi Ekspor

Sumber: Liputan6.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.