Dukungan HKTI Untuk Produk Pertanian ke Pasar Ekspor

Mau tau informasi mengetahui produk pertanian di dukung oleh HKTI ? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Produk Pertanian Masuk Pasar Ekspor

Dukungan HKTI

produk pertanian
RRI.com

Baca juga: Manfaat Kemasan dan Lebel Pada Produk Pertanian

Petani sektor pangan dan pelaku pertanian hortikultura di Indonesia sudah waktunya merambah pasar internasional secara menyeluruh dan berkesinambungan.

Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) sebagai organisasi  terbesar yang memayungi jutaan petani dan pelaku pertanian hortikultura di Indonesia.

Saatnya  memerlukan mitra kerja sama yang sudah terbukti mampu meningkatkan dan memberi nilai tambah bagi hasil-hasil pertanian di berbagai Negara.

HKTI memandang perlunya kemajuan dalam mencari peluang untuk memasarkan hasil pertanian hingga ke luae negri.

Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) menandatangani Nota Kesepahaman dengan International Business Association (IBA).

Langkah tersebut dilaksanakan sebagai bagian dari strategi HKTI menembus pasar internasional bagi promosi dan pemasaran hasil pertanian Indonesia di manca Negara.

MOU ini diakukan bersamaan dengan Asian Agriculture and Food Forum 2020 (ASASFF).

Penanda tanganan Nota Kesepahaman ini juga dipandang penting sebagai salah satu sarana bagi pebisnis Indonesia, terutama dalam bidang pertanian sektor pangan dan hortikultura untuk dapat bertemu.

Bertukar pandangan dan pengalaman dengan pihak luar serta sebagai salah satu ajang mencari pasangan bisnis (business matching) melalui pertemuan dan forum (business meeting and forum).

HKTI melihat IBA sebagai sebuah entitas lintas Negara yang memiliki kesamaan visi dan misi, dengan dukungan para pengusaha mapan dari luar negri di dalamnya.

IBA merupakan sebuah organisasi nir laba yang telah berhasil memajukan usaha dan pengusaha di berbagai Negara di Asia.

IBA juga sudah melakukan penjajakan untuk membuka peluang kerja sama hingga ke Afrika. Hal inilah yang menjadi salah satu pertimbangan penting bagi HKTI untuk menanda tangani Nota Kesepahaman ini.

Sehingga kerja sama ini dapat memberi manfaat tidak hanya bagi HKTI, petani dan pelaku pertanian, tapi juga masyarakat yang berada di sekitar

Harapan Kerjasama

produk pertanian
ekbis.sindonews.com

Baca juga: Dalam 4 Tahun, Ekspor Produk Pertanian Ditargetkan Naik 3 Kali Lipat

Sebagai Negara yang memiliki penduduk salah satu terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi luar biasa untuk dapat mengembangkan pertanian menjadi industri berskala internasional.

Melalui kerja sama ini pastinya akan mendapatkan kesempatan untuk memperkenalkan teknik dan mesin pertanian canggih ke Indonesia kepada para petani dan pelaku pertanian.

Serta mengirim anak-anak muda Indonesia ke Negara lain untuk beajar di bidang pertanian. Sehingga terjadi proses alih teknologi dan pengetahuan.

Selain itu, kerja sama ini akan dilakukan dengan mengindahkan aturan yang ada dan berlaku di Indonesia dengan memperhatikan prinsi-prinsip tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).

Diharapkan dengan kerja sama kedua pihak ini menjadi salah satu pemacu kemajuan industri hortikultura dan para petani serta pelaku pertanian secara lebih luas dan terukur.

Selanjutnya akan disusun serangkaian langkah taktis strategis untuk kerja sama yang lebih langsung, nyata dan menyeluruh yang akan melibatkan dan memberi dampak bagi petani, pelaku pertanian dan pengusaha hortikultura di Indonesia.

Segera setelah penanda tanganan Nota Kesepahaman ini, IBA dan HKTI akan menyusun serangkaian langkah taktis strategis untuk kerja sama yang lebih langsung.

Nyata dan menyeluruh yang akan melibatkan dan memberi dampak bagi petani, pelaku pertanian dan pengusaha hortikultura di Indonesia.

Pada gilirannya, melalui kerja sama antara HKTI dan IBA ini, diharapkan dapat menjadi salah satu pemacu kemajuan industri hortikultura dan para petani serta pelaku pertanian secara lebih luas dan terukur.


Itulah informasi mengenai dukungan untuk produk pertanian. semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Produk Pertanian di Jawa Timur Diekspor ke 22 Negara

Sumber: Liputan.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.