16 Jenis Tanaman Hias yang Tahan Segala Cuaca

Mau tau tanaman hias yang tahan cuaca? Pak Tani Digital akan memberikan informasi tersebut. Berikut ulasannya!

Tanaman Hias Tahan Cuaca

bunga
pixabay.com

Tanaman hias merupakan tanaman yang digunakan untuk memperindah atau mempercantik lingkungan sekitar. Bukan hanya tanaman yang berbentuk bunga saja, melainkan semua jenis tanaman yang memiliki kesan keindahan dan tahan cuaca.

Pada dasarnya tanaman hias bisa tumbuh di habitat tertentu, namun terdapat 16 jenis tanaman hias outdoor yang bisa tahan cuaca, baik panas maupun hujan diantaranya adalah :

Baca juga: 5 Tips Mudah Membudidayakan Tanaman Hias

Kaktus

Kaktus merupakan tanaman hias yang bisa bertahan di cuaca panas, karena kaktus memiliki persediaan air dalam batangnya. Ada beberapa jenis kaktus yang bisa dijadikan tanaman hias seperti kaktus centong, panda, kubis, anggur dan golden barrel.

Cemara

Cemara merupakan tanaman yang seringkali dijadikan untuk memperindah lingkungan. Tanaman ini memiliki bunga, baik jantan maupun betina, pada bunga betina terlihat seperti rambut yang kecil berwarna kemerah-merahan. Serta terdapat ranting yang beruas di dahan besar, sehingga terlihat seperti jarum.

Thunbergia

Thunbergia merupakan jenis tanaman hias yang berupa bunga bewarna putih atau warna ungu yang menjuntai indah. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari untuk terus berbunga, sehingga mampu bertahan di cuaca panas.

Bougenville (Bunga Kertas)

Bougenville seringkali disebut dengan bunga kertas yang memiliki beragam warna. Tanaman hias yang satu ini tidak memerlukan perawatan khusus, karena mampu bertahan di segala cuaca, termasuk cuaca panas.

Bunga Kamboja

Bunga yang berukuran kecil, berwarna putih dengan bagian dalam bewarna kuning ini merupakan tanaman hias yang mampu hidup di cuaca kering dan panas.

Lidah Mertua

Lidah mertua merupakan tanaman hias yang bisa beradaptasi di lingkungan kering maupun basah.Tanaman ini juga memiliki motif yang bagus seperti bergaris-garis, zig-zag, berbentuk daun, dan tidak beraturan.

Palem

Palem merupakan tumbuhan yang berbentuk pohon, perdu, ataupun semak dan seringkali dijadikan sebagai tanaman hias. Tanaman ini mampu beradaptasi di cuaca kering maupun basah.

Jengger Ayam

Jengger ayam merupakan bunga yang berbentuk jengger ayam dan seringkali dijadikan sebagai tanaman hias. Tanaman ini mampu beradaptasi di tempat yang cukup panas.

Agave

Agave adalah sebuah tanaman yang berduri, namun memiliki bentuk daun serta motif yang menarik. Tanaman ini bisa beradaptasi di lingkungan panas, dan di lingkungan sedikit air.

Bunga Euphorbia

bunga
pixabay.com

Baca juga: 5 Tanaman yang Mudah Dirawat dan Menguntungkan

Bunga ini menjadi salah satu tanaman hias yang juga merupakan tumbuhan bunga besar sebagai bahan obat herbal. Tanaman ini bisa beradaptasi di lingkungan panas maupun suhu dingin, yang merupakan bunga terbesar yang mempunyai spesies sekitar 2.420.

Beringin

Beringin merupakan pohon tinggi, besar yang sering dijadikan bonsa unik. Pasalnya pohon ini juga sebagai tanaman hias yang berada di pekarangan, dan bisa hidup di cuaca panas maupun hujan.

Bunga Pentas

Bunga pentas merupakan tanaman yang seringkali berbunga, biasanya dalam satu tahun tanaman ini bisa berbunga sampai 4 kali. Bunganya yang bewarna merah sangat sedap dipandang mata, maka tak heran bila bunga ini sering dijadikan tanaman hias.

Daun Encok (Plumbago zeylanica)

Daun encok seringkali dijadikan sebagai tanaman obat encok, namun tanaman yang memiliki tampilan menarik juga bisa dijadikan sebagai tanaman hias.

Bunga Sepatu

Bunga sepatu memiliki warna merah merona serta tak berbau, yang sangat cocok ditanam di daerah tropis seperti Indonesia. Keindahan bunga sepatu seringkali dijadikan sebagai tanaman hias.

Bunga Gaillardia

Gaillardia merupakan tanaman bung yang masuk ke dalam jenis keluarga bunga matahari, tanaman ini berwarna kuning atau merah.

Bunga Geranium (Tapak Dara)

Bunga geranium merupakan tanaman hias yang memiliki banyak manfaat seperti menghasilkan minyak parfum, salep, dan sabun. Selain itu tanaman ini juga bisa digunakan untuk mengusir nyamuk.


Itulah beberapa jenis tanaman yang tahan terhadap cuaca. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Tanaman Hias Dengan Kopi Di Rumah, Mengapa Tidak?

Penulis: Epin Supini

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Sumber

  • https://mitalom.com/macam-macam-jenis-tanaman-hias-yang-cocok-hidup-di-tempat-panas/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.