membuat minyak serai

Tertarik untuk membuat minyak serai sendiri dirumah? yuk, simak artikel berikut ini dan jadiin langkah-langkah didalamnya sebagai panduan kamu.

Di Indonesia, tanaman serai sangat mudah ditemui. Masyarakat sering menambahkannya ke dalam masakan guna menambah aroma dan cita rasa. Aroma yang ditimbulkan serai berasal dari minyak atsiri yang terkandung di dalamnya.

Tak hanya digunakan sebagai penyedap, serai jenis Cymbopogon nardus atau serai wangi juga dibudidayakan untuk diambil minyaknya. Minyak serai wangi dikenal dengan istilah Citronella Oil.

Minyak serai memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Kegunaan yang paling menonjol ialah kemampuannya untuk mengusir nyamuk.

Hal ini tentu saja bermanfaat dari segi kesehatan di mana bisa menjauhkan orang dari gigitan nyamuk penyebab malaria atau demam berdarah.

Dengan segudang manfaat lainnya, minyak serai sangat diminati pasar. Sehingga minyak serai berpotensi menjadi komoditas unggulan pertanian. Banyak masyarakat mulai tertarik membudidayakan serai wangi untuk diambil minyaknya.

Ternyata memproduksi minyak serai susah-susah gampang, yang pasti Anda harus memahami terlebih dulu bagaimana cara membudidayakan tanaman serai wangi.

Lahan pembudidayaan serai wangi akan sangat memengaruhi pertumbuhannya, terutama pertumbuhan daunnya.

Serai wangi akan tumbuh baik bila dibudidayakan di dataran rendah maupun tinggi pada iklim lembab dengan curah hujan rata-rata 1.000–1.500 mm per tahun.

Keadaan seperti ini akan membuat produksi daun serai menurun tapi rendemen dan mutu minyak meningkat. Proses pemupukan juga sangat memengaruhi peningkatan hasil minyak serai wangi.

Langkah-Langkah Membuat Minyak Serai

Setelah Anda memastikan seluruh pembudidayaan tanaman serai wangi sudah memenuhi syarat tanam, maka selanjutnya Anda harus memahami cara mudah memproduksi minyak serai. Simak penjelasannya di bawah ini:

Baca Juga: Rempah-Rempah Diborong Hingga Harga Melambung

Daun serai sebagai bahan baku

Daun merupakan bahan baku pembuatan minyak serai. Mutu daun saat dipanen sangat menentukan keberhasilan proses penyulingan minyak serai. Sebaiknya Anda memanen daun saat tanaman serai wangi berusia 6-9 bulan.

Teknik pemotongan daun juga bisa memengaruhi jumlah produksi minyak serai. Potonglah daun sekitar 5 cm di atas batas pelepah dengan helaian daun dari daun paling bawah yang belum mati atau kering.

Penting! produksi minyak akan menurun pada masa panen ke-4, sebab umur rumpun tumbuh sangat berpengaruh pada produksi daunnya.

minyak serai
hellosehat.com

Baca Juga: Kenali Varietas dan Syarat Tumbuh Lada, Primadona Rempah Indonesia

Persiapan bahan

Akan jauh lebih baik bila Anda melakukan proses penyulingan saat daun masih dalam keadaan segar. Namun, hal itu tidak bisa dilakukan jika Anda memproduksi minyak serai dalam jumlah yang besar.

Agar tidak menurunkan kadar sitronelal dan geraniol sekaligus mencegah pembusukan, Anda cukup menjemur daun yang dipanen selama 3-4 jam atau bisa juga dikering anginkan di tempat teduh selama 3-4 hari.

serai
mommyasia.id

Proses pembuatan minyak serai dengan teknik penyulingan

Penyulingan merupakan cara paling tepat untuk memproduksi minyak serai. Proses penyulingan dimulai dengan memasukkan air ke dalam alat suling dalam jumlah yang diperlukan.

Ketersediaan air ini penting untuk memperlancar proses kondensasi selama penyulingan. Setelah itu, daun dimasukkan ke dalam ketel suling.

Sebaiknya ketel penyulingan diberi isolasi untuk mencegah kehilangan panas. Hal ini juga berfungsi untuk mencegah kebocoran yang berakibat terbuangnya uap atsiri.

Apabila seluruh pemasangan alat sesuai dan proses penyulingan dimulai, perlahan minyak atsiri akan terlihat pada tabung pemisah. Lamanya proses penyulingan bergantung pada jumlah bahan baku yang dimasukkan dalam sekali proses.

Untuk ketel penyuling kapasitas 1 ton daun, biasanya memakan waktu selama 5 jam dengan kecepatan penyulingan 120 kg uap/jam. Rendaman minyak yang dihasilkan sekitar 0,7–0,9%.


Nah, itu tadi panduan mudah membuat minyak serai yang dapat kamu coba dirumah. Selamat mencoba.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Ketahui Manfaat Andaliman, Rempah Dari Tanah Batak

Penulis: Ezta SamZ

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • http://www.pertanianku.com/membuat-minyak-dari-tanaman-serai/

Sumber gambar utama: hellosehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.