Beberapa Cara Bercocok Tanam Sayuran di Pekarangan Rumah

Berikut informasi dari Pak Tani Digital beberapa cara bercocok tanam sayuran di pekarangan rumah.

Bercocok Tanam

Bercocok Tanam di Pekarangan Rumah

pixabay.com

Baca Juga : Kubis Indonesia Berpotensi Ekspor

Bercocok tanam sayuran di pekarangan rumah adalah pekerjaan yang sangat menyenangkan apalagi kalau dilakukan oleh pemul.

Karena pada kondisi ini para pemula yang sedang belajar berkebun memiliki semangat yang luar biasa sehingga sangat disayangkan jika berhenti ditengah jalan.

Membuat kebun sayuran di pekarangan rumah tidaklah sulit. Hanya membutuhkan beberapa tips agar tidak salah langkah dan tanaman dapat cepat untuk dipanen.

Perlu digaris bawahi bahwa sayuran organik ini adalah sayur sehat yang memberikan banyak manfaaat.

Karena kebanyakan orang selalu menggunakan sayuran untuk diolah menjadi makanan atau bahan makanan selalu terpapar bahan-bahan kimia.

Maka mencoba menerapkan cara menanam sayuran organik ini merupakan terobosan yang pas. J

ika membutuhkan sayuran sehat non kimia dan juga bisa dipraktekan di pekarangan/ kebun milik sendiri.

Media penanaman selain dapat ditanam di kebun juga dapat ditanam di polybag, pot, atau wadah bekas plastik mineral atau lainnya.

Karena menggunakan media pot dan sejenisnya akan mudah diletakkan di tempat yang sempit tanpa harus perlu lahan yang luas.

Manfaat dari tanaman ini juga dapat digunakan untuk keperluan pribadi sebagai bumbu dapur atau obat herbal.

Bisa juga sebagai tambahan income untuk dijual kembali, sehingga setidaknya kebutuhan dapur dapat ditekan sedemikian rupa.

Beberapa Cara Bercocok Tanam di Pekarangan Rumah

pixabay.com

Baca Juga : Fakta Menarik Kopi Arabika

Berkebun tak lagi merupakan pekerjaan yang hanya dilakukan oleh petani. Saat ini berkebun sudah menjadi hobi dan kegemaran bahkan di kalangan masyarakat. Setiap orang berlomba-lomba memanfaatkan lahan yang dimilikinya untuk berkebun. Khususnya lahan di pekarangan rumah yang tidak terlalu luas.

Adapaun beberapa cara bercocok tanam sayuran di pekarangan rumah sebagai berikut :

Persiapan Tempat yang Cukup Terpapar Sinar Matahari

Persiapan awal menanam sayuran organik adalah dengan mencari tempat yang memperoleh sinar matahari selama 8 jam penuh dalam sehari.

Hal itu dikarenakan sebagian besar sayuran organik lebih suka tumbuh pada tempat yang terkena cahaya matahari.

Sehingga proses fotosintesis tanaman tersebut menjadi sempurna, maka tingkat keberhasilan dalam berkebun pun menjadi terealisasikan.

Persiapkan Lahan Berkebun Berukuran Sedang

Lahan dengan ukuran 50 kaki persegi sudah cukup untuk memulai berkebun. Namun bisa juga dengan ukuran 100 kaki persegi.

Yang penting adalah jangan berkebun dengan tanah yang lebih luas. Bisa jadi nanti kualahan dalam mengurus dan merawat tanaman itu. Maka dari itu mulailah dari yang terkecil, sedikit demi sedikit sesuai dengan kemampuan.

Pemilihan Tanah Yang Subur

Cara menanam sayuran organik berikutnya adalah pemilihan tanah yang subur.

Bagi pemula sangat penting untuk memilih tanah dengan kualitas yang baik. Seimbangkan takaran pupuk kompos dengan kualitas tanah dan ketebalannya. Penyiraman air pada tanah juga usahakan pada kadar secukupnya saja.

Pemberian Pupuk

Perlu pengamatan yang baik dalam pemberian pupuk jangan sampai melebihi kadar yang ditakarkan.

Pada saat tahap penanaman pupuk kompos dan cair sangat membantu untuk proses pertumbuhan.

Jika diperlukan tambahkan juga pupuk mineral dan ikan . Karena tujuan pemberian pupuk adalah pemberian nutrisi pada sayuran organik pada skala spektrum yang luas.

Untuk bahan pemupukan yang lain dapat mencampurnya dengan Inokulan microba seperti teh kompos dan sumber gula seperti molase. Hal itu dilakukan karena microba baik dapat memberikan nutrisi penting bagi tanah.

Sedangkan pemberian Sumber gula bermanfaat bagi microba untuk pemberian makanan.

Pemilihan Tanaman yang Tepat Sesuai dengan Kondisi

Sebelum proses penanaman, lakukanlah riset untuk mengetahui jenis sayuran yang paling mungkin dapat tumbuh  subur pada kondisi cuaca saat itu. Karena paparan sinar matahari dan rintikan curah hujan sangat mempengaruhi perjalanan proses tanaman selanjutnya.

Demikan tutorial menanam sayuran organik. Pada awal penanaman mungkin pada yang belum berpengalaman akan merasa sulit untuk dipraktekan.

Namun bagi mereka yang sudah melakukannya sendiri akan merasa asyik. Dan tentunya akan terus mengembangkan teknik menanamnya dan akan mempelajari kekurangan dalam budidaya menanam sayuran organik ini.


Itulah informasi mengenai beberapa cara bercocok tanam sayuran dipekarangan rumah. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca Juga : Dampak Alih Fungsi Lahan Terhadap Ketahanan Pangan

Sumber : Kompas.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.