tepung singkong (mocaf)

Apakah kamu sudah tahu cara membuat tepung singkong (Mocaf)? yuk, jadiin artikel ini sebagai panduan kamu dengan mengikuti cara-cara berikut ini.

Tepung singkong atau yang dikenal dengan nama tepung mocaf (modified cassava flour) merupakan salah satu bahan olahan pangan asal singkong selain tepung tapioka yang sering kita dengar.

Menariknya, tepung mocaf ternyata memiliki beberapa kandungan yang tidak dimiliki oleh tepung tapioka seperti tersedianya kandungan protein serta kalsium yang cukup tinggi.

UKM biasanya memanfaatkan tepung ini sebagai bahan baku dalam pembuatan kue. Selain untuk menghemat biaya produksi, penggunaan tepung mocaf juga disukai karena memiliki kandungan yang gurih dan empuk dalam membentuk adonan.

Cara Membuat Tepung Singkong (Mocaf)

Untuk membuat tepung ini tidaklah terlalu sulit, berikut ini adalah cara yang dapat kamu praktikkan di rumah:

Baca Juga: Manfaat Ampas Ubi dari Limbah Menjadi Bisnis

Bahan Pembuatan Tepung Mocaf

Bahan utama yang Anda butuhkan dalam membuat tepung mocaf ialah umbi singkong. Gunakan umbi singkong yang masih muda karena jumlah patinya lebih banyak dibanding dengan umbi singkong yang telah tua.

Lakukan sortasi dan penimbangan terlebih dahulu terhadap bahan yang didapatkan. Hal ini untuk mengukur berat awal sampai berapa banyak hasil tepung mocaf  yang diperoleh dari jumlah bahan singkong yang digunakan.

Singkong muda yang telah diseleksi dikeringkan terlebih dahulu. Singkong yang telah kering kemudian disortir kembali untuk diperoleh umbi singkong terbaik.

Cuci bersih umbi singkong lalu kupas kulitnya menggunakan pisau. Pada saat sedang mengupas jangan sampai umbi singkong terkena air sehingga umbi singkong lebih fresh dan tidak berubah warna.

tepung singkong (mocaf)
pxhere.com

Membuat Irisan

Proses pembuatan irisan pada umbi singkong dilakukan dengan cara mengiris setipis mungkin bagian pada umbi.

Anda bisa melakukannya dengan cara mengiris dengan bantuan pisau pengiris yang sangat tipis ataupun dengan mesin. Anda dapat melakukannya sama seperti sedang membuat keripik singkong yang tipis.

Untuk membuat irisan singkong yang lebih tipis sehingga berbentuk chips, Anda bisa memanfaatkan mesin pemotong sehingga dihasilkan ukuran 0,2 – 0,3 cm, sehingga proses pembuatan tepung dapat berlangsung dengan baik.

Merendam

Setelah umbi singkong diiris tipis – tipis kemudian lakukan perendaman. Perendaman dilakukan dengan cara menempatkan umbi yang telah diiris pada sebuah wadah seperti baskom, atau mangkok besar kemudian merendamnya dengan air bersih.

Perendaman atau proses fermentasi dilakukan untuk membuat chips lebih mudah rapuh dan lebih lembut. Anda bisa memanfaatkan larutan Bio-Mocaf yang dijual di pasaran.

Lakukan perendaman selama 48 jam. Lakukan pergantian air rendaman selama 24 jam berselang karena bisa menimbulkan bau tidak sedap serta bau amoniak yang menyengat.

Baca Juga: 5 Jenis Singkong Ini Memiliki Keuntungan Melimpah untuk Petani

Penjemuran

Umbi singkong yang telah direndam selanjutnya dicuci kembali dengan air mengalir untuk menghilangkan bau amoniak kemudian dijemur kembali.

Pada saat irisan singkong akan diangkat maka lakukan pengecekan terlebih dahulu, usahakan kadar air yang terkandung kurang dari 12 %. Kamu dapat melakukan pengecekan dengan meraba bagian singkong yang lebih mudah rapuh.

tepung mocaf
8villages.com

Penepungan dan Pengayakan

Pada proses ini umbi yang telah kering kemudian akan dibuat menjadi tepung mocaf. Umumnya pembuatan tepung akan lebih mudah dilakukan dengan cara memanfaatkan tenaga mesin, namun bila tidak memungkinkan Anda bisa memanfaatkan teknik tradisional dengan cara menumbuknya dengan peralatan lumpang dan palu tradisional.

Untuk mendapatkan tepung yang lebih merata, maka lakukan pengayakan dengan mash yang lebih kecil sehingga tepung mocaf yang dihasilkan lebih halus. Kamu bisa memanfaatkan 80 mash untuk mendapatkan hasil tepung yang lebih halus.

Penyimpanan

Lakukan proses penyimpanan tepung mocaf yang terhindar dari tempat basah karena akan lebih mudah berjamur. Waktu penyimpanan tepung mocaf mampu bertahan selama 1 tahun namun hal ini bergantung pada bagaimana Anda menyimpannya pada wadah yang kering.


Itulah tadi beberapa cara membuat tepung singkong (Mocaf) yang dapat kamu coba dirumah. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Cara Pembuatan Dodol Singkong Inspirasi Untuk Buka Usaha

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • Anonim. 2018. Cara Mudah Membuat Tepung Singkong (Mocaf). Diakses dari : https://www.pertanianku.com/cara-mudah-membuat-tepung-singkong-mocaf/

Sumber gambar utama: www.sisternet.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.