stok pupuk

Mau tau informasi mengenai stok pupuk saat musim tanam? Berikut Pak Tani Digital akan memberikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Stok Pupuk Indonesia

Himbauan Persediaan Stok Pupuk

stok pupuk
linetoday.com

Baca juga: Berikut Cara Membedakan Pupuk Asli dan Palsu

Pupuk merupakan salah satu bahan utama yang harus ada dalam bertani, pupuk merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman sehingga pada saat masa tanam pupuk merupakan kebutuhan yang penting bagi petani.

Beberapa waktu petani mengalami kesulitan mendapatkan pupk bersubsidi, ini diakibatkan karena beberapa gudang distributor menimbun pupuk.

Lalu dikabarkan beredar pula pupuk palsu NPK berjenis  Phonska dan beberapa petani telah menjadi korban atas tindakan sejumlah pabrik pupuk yang tidak bertanggung jawab.

Memasuki masa tanam, PT Pupuk Indonesia (Persero) menyiapkan stok pupuk (subsidi dan nonsubsidi) sebanyak 1.022.177 ton yang terdiri dari 509.201 ton Urea, 243.736 ton NPK, 96.973 ton SP-36, 111.027 ZA dan 61.240 ton organik.

Adapun jumlah stok pupuk tersebut dipenuhi oleh lima anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero), antara lain PT Petrokimia Gresik menyediakan stok pupuk sebanyak 498.616 ton.

PT Pupuk Kujang sebanyak 141.730 ton, PT Pupuk Kaltim sebanyak 181.787 ton, PT Pupuk Iskandar Muda Aceh sebanyak 37.983 ton dan PT Pupuk Sriwidjaja Palembang sebanyak 170.594 ton.

Pupuk ini disiapkan sebagai langkah antisipasi memasuki masa tanam awal tahun, jumlah stok yang disiapkan di lini III dan IV tersebut cukup untuk kebutuhan tiga bulan ke depan.

Apabila pupuk bersubsidi juga mengalami kekerungan maka telah disediakan pupuk non subsidi di berbagai kios pupuk resmi.

Untuk menjegah kelangkaan pihak pupuk akan terus berkoordinasi dengan Kementrian Pertanian.

Selain itu, virus corona yang terus membawa kekhawatiran ini, Pupuk Indonesia juga meyakinkan bahwa kelancaran distribusi pupuk bersubsidi tidak terganggu oleh wabah tersebut.

Jumlah Pupuk Indonesia

stok pupuk
linetoday.com

Baca juga: Penyebab Pupuk Palsu Beredar di Klaten

Dengan himbauan dari Menteri BUMN yang tertuang dalam Surat Edaran Nomor SE-1/MBU 03/2020 tentang Kewaspadaan Terhadap Penyebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

Pupuk Indonesia meyakinkan bahwa kelancaran distribusi pupuk bersubsidi tidak terganggu oleh wabah tersebut dan terus menghimbau para distributor.

Pemilik kios maupun karyawan produsen pupuk untuk tetap tenang menjaga kondisi kesehatan dan mengikuti anjuran-anjuran.

Pencegahan penyebaran virus Korona sehingga para petani juga terlindungi. Dalam menjalankan penugasan PSO, Permendag Nomor 15/2013 mengikuti aturan penugasan.

bahwa pada saat musim tanam, stok pupuk bersubsidi harus tersedia untuk memenuhi kebutuhan hingga tiga minggu. Namun untuk mengindari kelangkaan pupuk dan agar petani lebih mudah dan cepat menerima pupuk bersubsidi.

Pupuk Indonesia meningkatkan ketersedian stok hingga baik di lini III (Gudang yang berlokasi di Kabupaten) dan Lini IV (Kios Resmi).

Selain itu, stok pupuk bersubsidi yang disalurkan oleh Pupuk Indonesia pun disesuaikan berdasarkan alokasi pupuk di masing-masing provinsi.

Tercatat hingga 29 Februari 2020, Pupuk Indonesia Grup telah menyalurkan 1.619.476 ton pupuk bersubsidi yang terdiri dari 784,547 ton Urea, 479,321 ton NPK, 136.490 ton SP-36, 140.954 ton ZA, dan 78.164 ton Organik.


Itulah informasi megenai ketersediaan pupuk indonesia saat masuki musim tanam. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Pupuk Kimia

Sumber: Detikfinance.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.