Pemupukan Pepaya California

Pemupukan berperan penting dalam memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman. Pada beberapa tanaman yang tidak mendapatkan nutrisi yang cukup memiliki pertumbuhan yang terhambat, kurang subur, buahnya kecil dan tidak lebat, dan serta parahnya dapat mati. Salah satu jenis tanaman yang banyak dibudidayakan saat ini ialah Pepaya California.

Baca juga : Abdul Qohar, Petani Pepaya Calina yang Berpenghasilan 18 Juta per Bulan

Jika saat ini anda termasuk salah satu orang yang membudidayakan Pepaya California maka sebaiknya mulai memperhatikan jenis pemupukan terbaik untuk tanaman anda. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu anda perhatikan bila hendak melakukan pemupukan pada Pepaya California :

Perkembangan Tumbuh Bibit

Dalam melakukan pemupukan pada tanaman Pepaya California maka penting untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan bibitnya. Hal ini akan memberikan pertimbangan pada anda seberapa banyak dosis yang dapat anda berikan pada tanaman Pepaya California. Pada tanaman Pepaya California yang memiliki pertumbuhan terhambat maka dosisnya dapat ditambah.

Media Tanam

Hal penting lainnya yang perlu anda perhatikan dalam memberikan dosis pemupukan pada tanaman Pepaya California ialah jenis media tanam apa yang anda gunakan pada ladang anda. Sebaiknya pada saat melakukan penanaman Pepaya California gunakan jenis pupuk kandang atau pupuk kompos dan tambahan pasir pada medianya.

Hal ini untuk mengurangi ketergantungan pada pemberian pupuk sintetik serta mengurangi biaya yang perlu anda keluarkan untuk membeli pupuk sintetik yang beredar di pasaran.

Baca juga : Olah Buah Pepaya Jadi Kripik, Menjadi Peluang Usaha

Penyiraman Yang Tepat

Pemeliharaan budidaya tanaman Pepaya California dapat dilakukan pada tanah langsung dalam bentuk bedengan atau memanfaatkan media pot. Pastikan anda tetap menjaga kelembaban pada tanaman anda. Jangan biarkan Pepaya California terlalu kering menyebabkan kekeringan dan jangan terlalu banyak air bisa menyebabkan akarnya membusuk.

Garam Dapur

Pemupukan pada tanaman Pepaya California dapat memanfaatkan sifat dari garam dapur untuk memenuhi kebutuhan mineralnya. Garam memiliki daya ikat yang kuat untuk tanaman khususnya tanaman kekurangan Kalium. Caranya ialah lubangi bagian pinggir tanaman Pepaya California, lalu masukkan garum dapur jangan lupa tutup kembali. Jangan dilakukan pada saat musim penghujan.

Baca juga : Pandemi Membuka Kesempatan Buah Lokal Kuasai Pasar

Pupuk Kompos dan Pupuk Kandang

Pupuk kompos merupakan alternatif yang dapat anda lakukan untuk menyuburkan tanaman yang mudah dan tentunya murah. Pembuatan pupuk kompos pun terbilang mudah sehingga anda bisa memanfaatkan beberapa bahan – bahan di sekitar anda sebagai pupuk kompos.

Selain penggunaan pupuk kompos, anda bisa memanfaatkan pupuk kandang untuk perkembangan dan pertumbuhan Pepaya California anda. Sebaiknya jangan berikan pupuk kandang secara langsung sehingga diperlukan pengolahan lebih dahulu atau anda bisa mencampurkannya dengan pupuk kompos sebelum diberikan pada tanaman anda.

Baca juga : Cara Menggunakan Pupuk Daun Pepaya dan Manfaatnya

Pupuk Kimia

Pupuk kimia atau yang dikenal juga dengan pupuk sintetik dapat digunakan sebagai pilihan untuk anda yang tidak memiliki banyak waktu dan menginginkan pertumbuhan dan perkembangan tanaman Pepaya California yang cepat. Pemupukan dengan pupuk sintetik sebaiknya dilakukan pada umur 3 – 4 ke atas.

Pemberian pupuk kemudian dilakukan pada umur masing – masing 6, 9 dan 12 dengan NPK 500 gr dicampur dengan pupuk kandang sebanyak 40 kg setiap pohon. Tanaman yang telah berbuah diberikan pupuk KCI agar lebih kuat dan buahnya lebih manis.

Baca juga : Pepaya California Mudah Dibudidayakan dengan 5 Langkah Ini

——————

REFERENSI :

Anonim. 2018. Cara Membudidayakan Pepaya California. Diakses dari:
https://8villages.com/full/petani/article/id/5b4332d29b9f86dd7d7ca35d

Tika, Echa. 2019. Cara Memupuk Pepaya California Agar Tumbuh Subur dan Berbuah Banyak.
Diakses dari: https://ilmubudidaya.com/cara-memupuk-pepaya-california-agar-tumbuh-
subur-dan-berbuah-banyak

Foto : Pixabay

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.