Petani Sukses, Kibarkan Teh Hingga ke Korea

Mau tau informasi mengenai petani yang ekspor teh hingga ke Korea? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Tanaman Teh

Ekspor Teh ke Korea

ekspor teh
detik.com

Baca juga: Sumut Kibaran Ekspor Sarang Burung Walet ke 4 Negara

Timum teh memang dikenal memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia sejak puluhan tahun lalu. Manfaat pada teh seperti mengurangi galukoma.

Meningkatkan kreativitas, mengurangi resiko kanker dan diabetes, memperkuat tulang dan baik untuk dikonsumsi pada saat diet.

Dengan melihat peluang bahwa teh sangat digemari oleh semua orang di seluruh dunia. Hal inilah yang Ipah lihat sebagai pendiri Arafa Tea.

Yang berhasil mengembangkan usaha tehnya hingga mampu ekspor sampai ke Korea. Usaha yang berawal sejak tahun 2014 sekarang sudah bisa ekspor kurang lebih 1 kontainer untuk pengiriman 2 kali dalam setahun.

Bisnisnya semakin berkembang pesat setelah banyak permintaan ekspor untuk produk teh hitam, teh oolong, teh hijau dan teh putih.

Belakangan, kata Ipah, bisnisnya tengah mengembangkan teh Krosok khas Yogyakarta untuk pasar lokal. Sebagi pendiri Arafa Tea.

Ipah keinginan besar agar para petani menjadi entrepreneur dan sekarang sedang mengembangkan minuman teh yang dipadukan dengan rempah dari wilayah Indonesia Timur.

Menurutnya, produk teh rempah memiliki minat di kalangan masyarakat Asia timur, terutama dari negara Qatar.

Dorong Petani Teh

ekspor teh
katadata.co.id

Baca juga: Dukungan HKTI Untuk Produk Pertanian ke Pasar Ekspor

Sebagi informasi bahwa Ipah dan kelompoknya berhasil membina para petani dari berbagai Gapoktan di wilayah Sukabumi, Cianjur, Cianjur Selatan, Cidaun, Bandung Barat, Pangheotan, Pasir Jambu, Garut dan Pangalengan.

Dan usahanya ini banyak didukung oleh Kementerian Pertanian dan membantu dalam membesarkan bisnis petani dengan eksibisi dan pembukaan market bagi nilai jual teh.

Kemudian kita bisa melibatkan banyak anak-anak mudanya berkat program petani milenial.

Dirinya merasa kini anak milenial di kampungnya bisa berkembang tidak hanya soal produksi, tapi juga belajar pemasaran produk.

Selain itu buruh tani juga kini dapat menikmati hasil upah kerjanya yang lumayan.

Di Indonesia juga ada sekelompok petani yang berhasil mengembangkan traceability product dan IT sistem untuk produk makanan rice cracker dan macca.

Kedua produk olahan itu dibuat dari tepung powder yang berbahan baku tea. Selain itu, mereka juga mampu menciptakan inovasi wae tea yang tidak menggunakan mesin.


Itulah informasi mengenai ekspor teh hingga ke Korea. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Lepas Ekspor 53 Ton Rumput Laut ke China

Sumber: Detik.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.