serangga punah

Mau tau informasi mengenai serangga yang terancam punah? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Serangga Terancam Punah

Penurunan Drastis Populasi Serangga

serangga punah
idntimes.com

Baca juga: Kenali Hama Wereng Batang Coklat pada Padi dan Cara Mengatasinya

Sadar atau tidak bahwa kita sekarang sanagt jarang menjumpai serangga disekitar rumah atau lingkungan kita. Yang dimaan dahulu sering sekali menjumpai beberapa serangga.

Seperti belalang, kunang-kunang, kumbang, capung dan kupu-kupu. Salah satu serangga yang mjulai terancam di akibat ulah manusia yang disebabkan kerusakan habitat.

Profesor biologi dari Universitas Tufts Sara Lewis menyoroti ancaman khusus dan kerentanan berbagai spesies berbeda di seluruh wilayah geografis.

Salah satunya adalah  kunang-kunang yang mulai punah dikarenakan menderita sebab habitat yang menjadi tempat untuk menyelesaikan siklus hidupnya telah hilang.

Penyebab Kunang-KunangTerancam Punah

serangga punah
pixabay.com

Baca juga: Cara Mengendalikan Hama Lalat Buah yang Ramah Lingkungan

Penurunan drastis tercatat pada spesies ini setelah habitatnya dirusak untuk dibuat perkebunan sawit, pertanian budidaya dan peternakan.

Penyebab lainnya adalah penggunaan cahaya buatan pada malam hari, dalam penelitian dikatakan tingkat kecerahan di bumi mengalami peningkatan sebesar 23 persen.

Peningkatan cahaya buatan ini menyebabkan kunang-kunang sulit menemukan pasangan karena serangga satu ini mengandalkan bioluminescence.

Reaksi kimia di dalam tubuhnya yang memungkinkan untuk menyala saat menemukan dan menarik pasangan. Pupulasi cahaya ini membuat proses kawin kunang-kunang menjadi tidak sesuai dengan fasenya.

Sebagian besar penggunaan insektisida terjadi pada larva, kunang-kunang remaja menghabiskan waktu hingga dua tahun di bawah tanah atau di bawah air.

Insektisida seperti organofosfat dan neonicotinoid dibuat untuk membunuh hama yang memiliki efek samping menewaskan serangga yang bermanfaat.

Selain itu, pariwisata menjadi pemicu kepunahan kunang-kunang, sebaiknya tempat pariwisata lebih dibangun dan dikelola agar tidak merusak habitat serangga.

Beberapa tempat seperti Malaysia dan Thailand, para wisatawan telah menumbangkan pohon dan mengikis tepi sungai dan menghancurkan habitat kunang-kunang.

Akibat Jika Serangga Punah

Maka dari itu, sebaiknya kita juga peduli untuk tetap melindungi serangga agar tidak punah karena Serangga merupakan bagian penting dari sebuah ekosistem kehidupan di bumi.

Masih banyak tumbuhan yang membutuhkan serangga untuk penyerbukan tanaman dan pengontrol hama. Serangga juga menjadi makanan bagi beberapa hewan.

Sehingga jika serangga terancam punah makan beberpa tumbuhan dan hewan lainnya juga akan terancam punah.


Itulah informasi mengenai serangga yang terancam punah. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Sayembara Berburu Serangan Hama Tikus di Magetan

Sumber: CNNindonesia dan National Geograpich Indonesia

Sumber Gambar Unggulan: Exsdee.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.