pupuk npk

Mau tau informasi mengenai cara merawat mengga dengan pupuk NPK? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasinya. Simak ulasannya!

Manfaat Pupuk NPK Bagi Tanaman Mangga

Pemupukan merupakan salah satu aspek penting yang harus diperhatikan pada proses budidaya agar tanaman dapat tumbuh dengan optimal.

Pupuk sendiri sangat beragam jenisnya, sehingga ketika akan melakukan pemupukan harus mengetahui jenis pupuk apa yang sedang dibutuhkan oleh tanaman.

pupuk NPK pak tani 16 16 16
lazada.co.id

Baca juga: Kenali Apa Itu Pupuk KCL dan Cara Membuatnya

Apa itu Pupuk NPK?

Pupuk NPK merupakan jenis pupuk majemuk karena dalam didalamnya terdapat tiga unsur hara yang penting bagi tanaman antara lain Natrium, Kalium, dan juga Phospor.

Tiga jenis unsur hara ini sendiri sangat penting untuk perkembangan bunga dan buah pada tanaman. Pupuk NPK juga sering digunakan sebagai pupuk utama pada proses budidaya tanaman mangga.

Lalu apa saja manfaat yang dihadirkan oleh pupuk NPK bagi tanaman mangga? Untuk menambah informasi, ini dia ulasannya

Mencegah Serangan Jamur

Pemberian pupuk NPK secara rutin mampu mencegah serangan jamur pada tanaman mangga.

Hal ini dikarenakan pemberian pupuk NPK dapat merangsang pembentukan dinding sel baru pada tanaman yang bisa menghalau serangan jamur.

Selain itu kandungan fosfor yang ada di dalam pupuk dapat meningkatkan sistem imun tanaman dan juga mencukupi kebutuhan nutrisi tanaman sehingga membuatnya lebih tahan terhadap serangan hama.

Mendukung Proses Fotosintesis

Proses fotosintesis merupakan salah satu kegiatan penting tanaman yang harus dijaga kelangsungannya. Pemberian pupuk NPK sendiri dapat membantu proses fotosintesis pada tanaman mangga.

Unsur hara yang paling berperan dalam membantu proses fotosintesis adalah nitrogen karena unsur hara yang satu ini dapat mempengaruhi pembentukan zat hijau pada daun.

pupuk buah mangga

Baca juga: 16 Jenis Pupuk Kimia yang Sering Digunakan oleh Petani

Merangsang Pertumbuhan Akar dan Daun

Pemberian pupuk ini secara rutin pada tanaman mangga ternyata mampu merangsang pertumbuhan akar dan juga daun sehingga tanaman dapat tumbuh dan berdiri dengan kokoh.

Selain itu pupuk ini juga dapat membunuh gulma atau tanaman liar yang biasa hidup di sekitar tanaman mangga.

Bantuan hidrasi kalisum yang diberikan oleh pupuk ini mampu membantu serapan unsur hara tanaman mangga menjadi lebih maksimal.

Meningkatkan Kualitas dan Kualitas Buah

Tanaman mangga yang baik tentu harus menghasilakn buah yang banyak dan juga berkualitas. Pemberian pupuk secara rutin sendiri ternyata mampu meningkatkan kualitas buah mangga.

Hal ini dikarenakan kandungan kalium yang ada pada pupuk NPK mampu merangsang pembentukan enzim dan juga dapat mempengaruhi kandungan nutrisi dan juga jumlah buah pada tanaman mangga.

Selain itu unsur Kalium juga dapat membuat cita rasa buah mangga menjadi lebih manis, membuat ukurannya menjadi lebih besar, dan tahan terhadap berbagai serangan hama dan penyakit.

Memicu Proses Pembungaan

Pemberian pupuk ini secara rutin dapat memicu proses pembungaan. Mengapa demikian?

Hal ini dikarenakan pupuk ini memiliki kandungan fosfor yang tinggi. Jika tanaman memiliki kandungan fosfor yang cukup, maka tanaman akan cepat berbunga.

Selain fosfor, peran kalium di dalam pupuk ini juga sangat penting untuk mencegah kerontokan pada bunga.

Bagaimana Cara Mengaplikasikan Pupuk NPK pada Tanaman Mangga?

Mengaplikasikan pupuk ini pada tanaman mangga sangatlah mudah.

Namun agar pemberian pupuk dapat berlangsung lebih efektif, maka ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Apa saja itu?

  1. Sebelum mengaplikasikan pupuk ke tanaman, bersihkan daerah sekeliling tanaman mangga dari gulma atau rumput liar yang mengganggu sehingga penyerapan pupuk oleh tanaman mangga dapat berlangsung lebih optimal.
  2. Buat bedengan disekeliling tanaman lalu taburkan pupuk secara melingkar ke dalam bedengan tersebut. Anda bisa menimbun pupuk dengan tanah atau membiarkannya di atas permukaan begitu saja.
  3. Berikan pupuk sesuai dengan dosis atau takaran yang telah ditentukan.
  4. Siram area yang sudah diberi pupuk sehingga pupuk dapat terserap sempurna kedalam tanaman.

Dengan pemberian dosis yang tepat, maka penggunaan pupuk ini tentu menghadirkan beragam keuntungan yang tentu dapat meingkatkan produktivitas tanaman mangga sehingga dapat menghasilkan buah yang berkualitas.


Itulah informasi mengenai cara merawat tanaman mangga dengan pupuk NPK. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya sobat PTD!

Baca juga: Kenali 15 Jenis Pupuk NPK Ini untuk Menyuburkan Tanaman

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Sumber:

  • https://pupuklahan.blogspot.com/2018/06/cara-budidaya-mangga.html?m=1
  • http://ilmubudidaya.com/manfaat-pupuk-NPK-bagi-pohon-mangga/

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.