Tanaman Cepat Panen

Apa saja tanaman-tanaman yang bisa cepat panen? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasinya.

Tanaman Cepat Panen

Jika Anda ingin mencoba bercocok tanam, jenis tumbuhan yang cepat tumbuh tentunya sangat cocok bagi Anda. Ada beberapa jenis tumbuhan yang bahkan dapat tumbuh hanya dalam waktu 3 hari. Selain cocok untuk belajar, tanaman yang relatif cepat tumbuh juga cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan hasil panen dalam waktu yang singkat.

Umumnya, tanaman yang dapat tumbuh denngan cepat adalah jenis sayuran hijau. Berikut adalah 10 diantara yang dapat Anda coba :

  1. Bayam

Setelah ditebar, benih bayam dapat tumbuh hanya dalam waktu 2-3 hari saja. Pada 5 HST umumnya daun sejatinya sudah tumbuh, terlebih lagi jika Anda melakukan penutupan di atas bedengan, maka pertumbuhannya akan lebih cepat lagi.

sumber : 8villages.com

Bayam dapat dipanen saat berumur 18-21 HST, terlebih lagi untuk dataran tinggi yang memiliki kualitas tanah subur. Bayam merupakan sayuran yang mengandung zat besi yang merupakan mineral yang berperan dalam pembentukan hemoglobin atau sel darah merah.

Baca juga : 5 Tips Mudah Menanam Bayam Hidroponik

  1. Kecambah

sumber : health.grid.id

Tentu Anda semua sudah sangat mengenal kecambah, kecambah dapat ditumbuhkan dengan sangat cepat, yaitu satu malam saja.

Cara menumbuhkannya juga mudah, yaitu dengan merendam biji kacang hijau selama satu malam, dan esoknya pasti kecambah sudah tumbuh. Kecambah mengandung vitamin E yang baik untuk kesuburan.

Baca juga : 4 Langkah Mudah Menanam Kecambah dengan Kapas

  1. Kangkung

sumber : masandy.com

Tanaman yang cepat tumbuh lainnya adalah kangkung, kangkung dapat tumbuh dalam waktu tiga hari saja, tentunya kangkung juga dapat dipanen dalam waktu yang singkat. Terdapat dua jenis kangkung, yaitu kangkung cabut dan kangkung air, keduanya dapat dipanen dalam waktu yang relatif singkat.

Baca juga : 5 Tips Budidaya Kangkung Darat Organik Bagi Pemula

  1. Selada

Selada adalah sayuran hijau yang dimanfaatkan seagai garnish atau hiasan makanan. Bentuknya yang indah, segar dan warnanya yang cerah menjadi hiasan dan pelengkap berbagai jenis makanan.

sumber : doktersehat.com

Terlebih di daerah dengan suhu rendah, selada relatif lebih cepat tumbuh. Dibutuhkan waktu tiga hari bagi biji untuk tumbuh dan dalam waktu sekiar 20 HST, tanaman sudah dapat dipanen.

Baca juga : Cara Budidaya Selada di Rumah Hingga Panen

  1. Sawi Hijau

Sawi hijau merupakan jenis sayuran hijau yang banyak digunakan dalam mie ayam. Sawi hijau dapat tumbuh dalam waktu tiga hari dan sudah dapat dipanen dalam waktu sekitar 21 HST.

sumber : fimela.com

Baca juga : 5 Langkah Mudah Untuk Menanam Sawi Hijau Hidroponik

  1. Daun Bawang

Jika tanaman-tanaman sebelumnya ditanam menggunakan biji, maka daun bawang ditanam menggunakan umbi. Caranya adalah dengan memotong bagian atas daun yang berwarna hijau dan sisakan bagian bawah tanaman yang berwarna putih sampai ke akarnya.

sumber : balipost.com

Tanam di media tanah, umumnya, dalam waktu dua hari tanaman bawang sudah memunculkan tunas baru. Dalam waktu 2-3 minggu, daun bawang sudah dapat dipanen.

Baca juga : 5 Langkah Budidaya Bawang Daun dengan Mudah

  1. Kacang Polong

Kacang polong merupakan jenis kacanng-kacangan yang dapat dipanen dalam waktu yang relatif cepat, yaitu sekitar dua bulan, terutama di aderah dataran tinggi. Selain buah mudanya dijadikan sebagai bahan sayuran, buah tuanya juga dimanfaatkan sebagai snack.

sumber : idntimes.com

Baca juga : 5 Langkah Membudidayakan Kacang Kapri

  1. Bit

sumber : shopee.co.id

Banyak orang yang mungkin belum mengenal tanaman bit, bit memang bukan sayuran yang dapat ditemukan dengan mudah di pasaran. Hal ini dikarenakan harganya yang cukup mahal dan tidak semua kalangan mengonsumsinya. Bit merupakan jenis sayuran umbi berwarna ungu, bit termasuk sayuran yang cepat tumbuh dan cepat pula panen.

Baca juga : 5 Tips Budidaya Buah Naga di dalam Pot

  1. Arugula

sumber : manfaat.co.id

Selain dikenal sebagai arugula, tanaman ini jus disebut sebagai daun roket karena bentuk daunnya yang menyerupai roket. Aragula merupakan trend bagi mereka yang peduli dan menyukai gaya hidup sehat. Aragula merupakan tanaman yang cepat tumbuh serta dapat dipanen dalam waktu tiga minggu saja.

Jika lingkungan mendukung, kelembaban terjaga dengan paparan sinar matahar yang cukup, aragula dapat terus bersemi dan dapat dipanen terus-menerus.

Baca juga : Mengetahui Cara Menanam Daun Arugula Sivelta

  1. Okra

Okra merupakan salah satu sayuran yang mengandung banyak serat dan glutation. Di Indonesia, okra juga merupakan tanaman yang masih asing bagi masyarakat, namun di Jepang, Filipina dan Srilanka, masyarakatnya sudah biasa mengonsumsi okra sebagai bahan makanan.

Okra merupakan sayuran yang sangat mudah dan cepat tumbuh. Sementara untuk pemanenannya dapat dilakukan sekitar 50 HST.

sumber : burpee.com

Baca juga : Cara Menanam Okra atau Lady’s Finger di Pekarangan


Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.